Cara Mudah Peyakinkan Calon Konsumen Agar Membeli Produk Anda

gunakan-foto-produk-yang-menarikTIPSWIRAUSAHA.COM – Salah satu kunci sukses dalam ilmu marketing adalah membujuk calon pembeli agar mau menggunakan produk anda. Ilmu ini banyak diterapkan para ahli marketing untuk mendapatkan konsumen sebanyak banyaknya. Bahkan ada pula yang membujuk pelanggan dengan setengah memaksa.

Pada dasarnya kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang ahli marketing, meyakinkan calon konsumen untuk percaya pada anda dan mau menggunakan produk anda. Ada dua tipe konsumen yang seharusnya menjadi target anda, pertama konsumen yang benar benar membutuhkan produk anda. Sehingga ketika anda menawarinya, tanpa pikir panjang dia akan membeli produk anda. Kedua tipe konsumen yang tidak membutuhkan produk anda, namun bisa juga dia membelinya.

Ilmu semacam ini bisa mengantarkan kesuksesan dalam penjualan produk jenis apapun. Anda hanya perlu jam terbang, pengetahuan dan pengalaman baik agar konsumen mudah percaya dengan anda.

Berikut ini berbagai tips yang bisa anda coba lakukan untuk meyakinkan calon konsumen agar membeli produk anda :

Berikan penjelasan mengenai keutamaan produk anda

Pertama kali anda harus menjelaskan mengenai spesifikasi produk anda. Atau istilah yang biasa dikenal dengan sebutan product knowledge. Pengetahuan ini sangat penting agar calon pembeli mengerti mengenai komposisi, bahan dan keunggulan dari produk anda. Jelaskan secara detail dan mendasar agar calon pelanggan tersebut mengerti benar untuk apa dia harus membelinya.

Lakukan pendekatan emosional

Pendekatan emosional terkadang penting agar calon pembeli percaya pada anda dan mau membeli produk yang anda tawarkan. Gunakanlah pendekatan ini dengan cara sering mengucapakan selamat, memberikan bingkisan, membuat dia merasa simpati pada perilaku anda yang baik. Selanjutnya ketika calon pembeli telah membutuhkan produk anda, dia akan segera menghubungi anda dan membeli produk yang anda tawarkan.

Berikan kemudahan mendapatkan produk anda

Anda harus memberi tahu mengenai bagaimana caranya calon konsumen ini bisa mendapatkan produk anda. Mungkin mereka akan kesulitan jika belum mengeti mengenai produk yang anda tawarkan. Jika perlu anda memberikan layanan lebih berupa kemudahan mendapatkan produk anda. Misalnya, jika anda menawarkan kredit motor, anda bisa memberikan pelayanan antar langsung ke rumah pembeli.

Ceritakan manfaat yang dialami konsumen lain

Ceritakan tentang orang-orang yang telah menggunakan produk anda. Hal ini penting untuk menambah kepercayaan konsumen bahwa produk and benar-benar berkualitas. Cara ini dianggap ampuh membuat pelanggan percaya pada produk yang anda tawarkan. Misalnya anda menawarkan produk kecantikan, berikan bukti nyata orang yang telah sukses menggunakan produk anda. Bisa dalam bentuk foto-foto atau video testimoni.

Lakukan komunikasi secara terus menerus

Memperlakukan calon konsumen haruslah melebihi ekspektasi mereka. Cara ini akan membuat dia terkesima dengan anda dan komunikasi pun akan terjalin terus menerus. Komunikasi yang terjalin secara lancar ini akan membuat konsumen ini terus mengenal anda dan jika dia memerlukan produk anda, dia akan membelinya dari anda.