Tips Cerdas Melariskan Bisnis Catering

Party Table

TIPSWIRAUSAHA.COM – Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Bisa dibayangkan jika tidak ada penyedia makanan atau rumah makan di sekitar kita, pastinya manusia akan kewalahan membuat makanan untuk dirinya sendiri. Selain usaha makanan dan cafe ada pula usaha bidang kuliner ini yang melayani kebutuhan konsumsi untuk suatu acara.

Makanan yang memenuhi kebutuhan acara biasa kita kenal dengan nama catering. Bisnis ini memang sangat menjamur di masyarakat saat ini, selain harganya yang relatif terjangkau soal rasa dan harga memang tidak bisa kita elakkan. Catering sangat membantu kita atau panitia yang sedang mengadakan suatu acara, sehingga tidak perlu repot lagi melakukan masak memasak dan lain sebagainya.

Jika anda tertarik untuk mencoba bisnis catering, belum terlambat. Peluang masih terbuka lebar dimanapun anda berada saat ini. Asalkan terpenting anda harus berani mengambil risiko dan berfikir lebih kreatif dibandingkan bisnis katering lainnya. Pekerjaan terberat anda adalah membuat catering ini menjadi laris. Berikut ini terdapat 4 tips cerdas membuat bisnis catering anda laris manis.

Sertakan sertifikat BPOM dan pendirian usaha

Sertifikat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Apalagi konsumen yang merupakan sebuah badan usaha atau lembaga seringkali mensyaratkan untuk ijin BPOM dan pendirian badan usaha. Seriuslah untuk mengerjakan ini agar hasil yang diberikan bisa maksimal.

Ciptakan resep legendaris

Salah satu kewajiban dari sebuah tempat makan atau penyedia makanan termasuk katering adalah menciptakan rasa yang enak. Rasa ini biasanya ditemukan dengan sebuah resep khusus. Jika anda hobi memasak, belajarlah untuk menciptakan resep-resep baru yang bisa membuat orang tertarik untuk mengkonsumsi makanan anda lagi. Anda tidak perlu membuatnya mewah dan mahal, buatlah resep sederhana  yang enak dan terjangkau oleh calon konsumen.

Buatlah branding sebagai identitas

Branding sangat dibutuhkan dalam bisnis apapun, branding ini juga berperan sebagai identitas bisnis anda. Bisnis catering yang anda geluti ini akan semakin laris dan lebih mudah dikenal karena enaknya jika anda mencantumkan brand pada produk anda. Buatlah brand yang mudah diingat dan berkesan positif.

Lakukan pemasaran, kerja sama dan promosi

Bisnis apapun pasti memerlukan pemasaran dan promosi untuk menggandeng calon konsumen sebanyak banyaknya. Termasuk bisnis catering, anda harus siap mengeluarkan dana untuk mengenalkan bisnis anda ini kepada konsumen dan menciptakan kesan terbaik. Namun anda harus mengeluarkan dana promosi sesuai dengan proporsi yang tepat.

Selain promosi, anda juga wajib melakukan kerja sama. Mengingat tidak ada satupun bisnis yang saat ini bisa berdiri sendiri. Setiap bisnis saling memerlukan bisnis lainnya. Mulailah dengan mengajukan penawaran khusus dengan harga khusus atau harga korporasi. Ikatlah calon konsumen dengan surat perjanjian agar tetap menggunakan jasa anda.