Pentingnya Memberi Sampel Produk Pada Konsumen

Pentingnya Memberi Sampel Produk Pada KonsumenTIPSWIRAUSAHA.COM – Pada bisnis tertentu memang anda membutuhkan kepercayaan klien saat pertama kali memulai perjanjian kontrak. Model bisnis seperti ini sangat memungkinkan anda untuk mendapatkan keuntungan yang berkala setiap saat atau keuntungan besar sekaligus.

Misalnya anda berbisnis pakaian tetapi tidak bersentuhan langsung dengan konsumen, melainkan anda sebagai suplier atau grosiran. Jika anda ingin mendapatkan pembeli yang memborong baju dalam jumlah banyak maka anda harus membelikan sampel baju anda. Atau pada bisnis makanan, anda membuat snack ringan dan menawarkan ke supermarket atau minimarket. Anda juga perlu untuk memberikan sampel produk.

Apalagi jika anda memiliki brand baru atau brand khusus yang akan dikenal oleh banyak orang. Berikut ini berbagai alasan pentingnya anda harus memberikan sampel produk gratis untuk konsumen.

Membantu mendongkrak penjualan

Tujuan utama memberikan sampel gratis pada konsumen jelas untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa memberikan contoh produk gratis kepada konsumen. Jika mereka tertarik untuk menggunakan produk anda lagi, maka secara otomatis mereka akan membeli produk anda.

Mendapat review dan feedback

Saat sampel diberikan gratis kepada konsumen, anda akan merasakan timbal balik berupa komentar atau review produk yang mereka dapatkan. Setidaknya mereka berkomentar tentang kualitas produk anda. Jika mereka memberikan tanggapan positif, catatlah dalam halaman testimonial. Jika tanggapan negatif, terbukalah untuk menerima masukan dari siapapun tentang produk anda.

Mengetahui jenis produk yang paling diminati

Setelah sampel produk disebarkan dengan berbagai model dan jenis yang anda sediakan, anda akan menerima respon dari mereka. Respon berupa positif atau negatif yang bisa menjadikan pertimbangan pada anda. Pertimbangan bahwa produk tertentu akan mendapatkan respon terbaik dan banyak orang yang berminat untuk membelinya.

Strategi ini sangat membantu anda untuk menentukan seberapa besar jumlah produksi produk anda. Sekaligus juga bisa memperkirakan seberapa banyak yang akan terserap di pasar. Namun anda harus benar-benar melakukan riset kecil ini dengan akurasi yang tepat, perbandingan jumlah sampel produk hingga target pelanggan.

Membantu mempromosikan melalui media sosial dan endorsement

Konsumen yang mendapatkan sampel produk anda seringkali akan memfotonya dan mengupload pada sosial media. Ini akan sangat membantu anda dalam mempromosikan produk. Termasuk jika mereka merekomendasikan sampel produk anda pada orang lain, cara ini disebut juga dengan sistem endorsement.

Sampel produk untuk relationship

Kadang adakalanya kita memberikan sampel produk untuk menjalin hubungan dengan konsumen. Apalagi konsumen tersebut sudah menjadi langganan tetap anda. Misalnya dengan memberikan produk gratis pada saat dia ulang tahun atau pada saat hari lebaran. Cara ini sangat membantu anda mendapatkan simpati dari konsumen dan pelanggan tetap anda.

Membuat konsumen lebih percaya keseriusan anda

Ada kalanya saat anda baru saja membuka bisnis yang membutuhkan kepercayaan penting dari calon pelanggan tetap. Anda haru memberikan sampel dari produk terbaik anda. Jika mereka sudah memiliki langganan sendiri namun ternyata produk anda lebih baik, besar kemungkinan akan beralih pada produk anda.