Kesalahan Umum Yang Membuat Bisnis Anda Lambat Berkembang

kesalahan para pembisnisTIPSWIRAUSAHA.COM – Menjalankan bisnis tidaklah semudah yang kita bayangkan, tuntutan akan perkembangan dan inovasi selalu datang setiap saat. Banyak diantara pengusaha baru yang menghasilkan dari bisnis tetapi stagnan atau justru mengalami penurunan pendapatan setiap tahunnya.

Banyak sekali kalangan pengusaha pemula yang melakukan kesalahan-kesalahan umum sehingga bisnisnya tidak berkembang. Bahkan tanpa mereka sadari kesalahan itu terus menerus dilakukannya. Jika anda merasa bisnis anda stagnan atau lambat sekali mengalami perkembangan, sebaiknya ketahui berbagai kesalahan umum berikut ini :

Minim inovasi produk

Salah satu kelemahan dari pembisnis pemula biasanya adalah pada inovasi produk. Mereka enggan untuk merubah bentuk, rasa atau jenisnya karena takut justru akan mengalami penurunan penjualan. Lemahnya inovasi produk dalam jangka panjang akan membuat produk anda ditinggalkan konsumen. Jika anda ingin terus bertahan dalam bisnis yang sedang digeluti dan berharap bisa terus berkembang dengan pesat, rutinlah melakukan inovasi produk agar konsumen tidak bosan.

Namun anda harus tetap melakukan riset untuk menentukan perubahan pada produk anda. Jangan sampai perubahan itu justru membuat produk anda bertambah buruk. Buatlah sebaik mungkin dan ikuti perkembangan zaman sehingga anda juga akan mengetahui jenis produk seperti apa yang diminta konsumen.

Manajemen tidak efisien

Kadangkala secara tidak sadar kita melakukan operasional usaha dengan cara yang kita sukai, tapi tidak efisien secara anggaran dan waktunya. Misalnya anda harus mengemas produk dan menggunakan tenaga trampil, satu hari bisa mendapatkan 100 kemasan, namun jika anda menggunakan mesin bisa mendapatkan 500 kemasan per hari. Pada kondisi ini anda harus segera mengganti operasional produksi dengan cara yang lebih efisien dan berkualitas.

Menggunakan uang untuk konsumsi pribadi

Bagi usaha skala kecil yang pelakunya juga menggunakan uang hasil usaha untuk kebutuhan sehari-hari. Alhasil usahanya pun akan stagnan dan tidak berkembang dengan baik. Minim pengembangan dan minim anggaran juga akan membuat bisnis anda tetap berada pada kondisi stagnan atau justru akan menurun. Anda harus berani memisahkan uang untuk usaha dan uang untuk konsumsi diri anda sendiri.

Merek terlalu umum dan belum terdaftar

Faktor merek cukup penting untuk mengenalkan usaha anda kepada konsumen atau calon konsumen. Tanpa adanya merek, konsumen hanya mengenal anda dan produk yang berkualitas tanpa bisa memberikan identitas tersendiri. Merek yang baik adalah merek yang bisa mencitrakan usaha anda dan tidak bersifat terlalu umum.  Misalnya nama usaha anda adalah maju jaya, nama tersebut sudah digunakan pada berbagai sektor bisnis dan tidak bisa memberikan identitas pada bisnis anda.

Apalagi jika merk anda belum terdaftar di pemerintah. Anda harus mengalami kerugian jika ada orang lain yang membuka bisnis dengan nama usaha sama seperti anda. Anda tidak bisa menuntut pembisnis baru itu karena anda tidak memiliki lisensi hak merek.