Tips Membangun Bisnis Bersama Teman

Tips Membangun Bisnis Bersama TemanTIPSWIRAUSAHA.COM – Setiap orang pasti akan memilih partner bisnis yang sudah di kenal dan dipercaya dengan baik. Namun bagaimana jika partner bisnis anda adalah teman dekat anda sendiri. Memang menyenangkan menjalankan bisnis bersama teman, namun akan tetap banyak risiko yang harus anda hadapi bersama. Selain hubungan pertemanan yang menjadi tidak harmonis karena perselisihan hubungan kerja, pekerjaan juga menjadi tidak diselesaikan secara profesional.

Meskipun demikian tetap banyak pembisnis yang dapat sukses membangun perusahaan mereka sendiri bersama dengan temannya. Berbagai prinsip mereka pegang demi perkembangan usaha. Mulai dari pembagian tugas, wewenang, penyelesaian masalah hingga pembagian hasil harus dilakukan dengan strategi yang tepat agar tidak merusak hubungan pertemanan.

Jika anda saat ini sedang berniat untuk membangun usaha bersama teman, sebaiknya perhatikan berbagai tips berikut ini agar bisnis anda bisa berjalan lancar dan hubungan pertemanan tetap terjalin dengan baik.

Lakukan perjanjian di awal pembentukan usaha

Baik dengan teman atau dengan siapapun anda harus melakukan pekerjaan bisnis anda secara profesional. Sangat perlu untuk membuat perjanjian di awal pembentukan usaha, perjanjian ini akan mengikat anda dan teman anda dalam sebuah kesepakatan bersama. Perjanjian ini biasanya memuat mengenai berapa modal yang dikumpulkan bersama, tanggal perjanjian, wewenang dan tugas masing-masing pihak sampai berapa persen pembagian hasil yang akan diterima.

Jabarkan jobs description dengan baik

Meskipun dalam surat perjanjian telah dituliskan pembagian tugas masing-masing, namun anda tetap harus menjabarkannya secara mendetail. Hal ini ditujukan agar semua tugas dan wewenang bisnis dapat ditangani dengan baik. Perhatikan saat melakukan pembagian tugas, berikan tugas dan wewenang pada pihak yang lebih mengerti dan menguasai. Jika keduanya tidak bisa melakukan, anda bisa meminta bantuan orang lain yang lebih mengerti.

Buatlah kesepakatan cara menyelesaikan masalah

Setiap bisnis pasti akan terjadi permasalahan di dalamnya. Entah itu masalah ringan maupun masalah serius. Anda harus bijak dan segera menyelesaikan masalah dengan baik agar tidak membesar dan menjadi bomerang dalam bisnis anda. Sebelum masalah itu muncul, anda harus memiliki kesepakatan bersama tentang cara penyelesaiannya. Jika tidak, karena rasa sungkan atau karena persaudaraan pertemanan sehingga tidak akan ditemukan penyelesaian masalahnya.

Seringlah berdiskusi perkembangan usaha

Agar perkembangan usaha anda semakin membaik, anda wajib melakukan monitoring dan evaluasi setiap saat. Lakukan bersama dengan rekan bisnis anda agar berdua selalu mendapatkan keterlibatan dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah bisnis. Seringkali masalah muncul karena pada saat pengambilan keputusan dilakukan oleh sebelah pihak saja.

Tulislah pebagian hasil dalam perjanjian di atas materai

Menuliskan prosentase pembagian hasil di atas materai sangat penting karena ini akan menjadi acuan ketika terjadi perbedaan pendapat. Misalnya keuntungan bisnis ternyata mampu jauh melebihi target, bisa jadi salah satu akan mengklaim porsi keuntungan lebih banyak karena merasa memiliki andil lebih besar.