3 Peluang Menjanjikan Dari Beternak Bebek

3 Peluang Menjanjikan Dari Beternak BebekTIPSWIRAUSAHA.COM – Peluang bisnis bisa datang dari manapun dengan keuntungan yang sangat mungkin anda lipat gandakan. Jika anda berada di pedesaan atau di pinggiran kota, pasti akan menemui bisnis pedesaan seperti beternak, bertani dan menanam sayur sayuran. Bisnis kecil ini banyak yang tidak mengalami kesukesan karena tidak dikelola dengan benar.

Meskipun bisnis pedesaan, jika dikelola dengan baik maka bisa mendatangkan untung berlipat ganda. Salah satunya yang cukup menjanjikan adalah bisnis beternak bebek. Bebek merupakan salah satu hewan ternak yang paling mudah untuk diternakkan. Berbeda dengan ayam yang mudah terkena penyakit dan ikan yang harus pintar mengelola managemen sumber daya airnya.

Beternak bebek sangat mudah dan cukup potensial dilakukan di Indonesia. Olahan daging bebek yang lezat dan diminati oleh banyak orang dan restoran di kota besar serta di tempat makan pinggir jalan membuat daging bebek laris di pasaran. Selain dagingnya, anda juga bisa mengambil keuntungan dari telur bebek yang juga menghasilkan keuntungan cukup besar.

Salah satu kelebihan dari beternak bebek dibandingkan jenis unggas lain adalah telur bebek dihitung per biji dan bukan per kilo seperti telur ayam ras dan jenis unggas lain. Jika anda berniat untuk memulai bisnis ternak bebek, perhatikan berbagai strategi penting berikut ini.

Penetasan Telur Bebek atau DOD

DOD (Day Old Duck) sering dikenal sebagai anakan bebek yang baru menetas dari telur. Anakan bebek ini biasanya berusia 1 hari hingga 2 bulan. Anda bisa mendapatkan untung dari bisnis DOD bebek ini. Namun anda harus mengetahui bahwa lama penetasannya lebih panjang dari pada telur ayam yaitu sekitar 28 hari. Siapkan telur dan mesin yang berkualitas.

Lakukan perhitungan yang matang hingga perawatan DOD sampai siap jual dengan harga terbaik. Usaha ini sangat menguntungkan karena memungkinkan anda mendapatkan keuntungan berkali lipat tergantung pada perawatan DOD.

Menjadikan bebek petelur

Bebek merupakan salah satu hewan petelur yang cukup banyak diminati, telur bebek sangat mudah dihasilkan hanya dengan 3-5 ekor jantan untuk 50-100 bebek betina. Kandangnya pun sangat alami, anda bisa memanfaatkan lahan kecil dan kolam untuk berenang. Proses kawinnya pun sangat alami, sehingga anda tidak perlu melakukan perlakuan apapun.

Beternak bebek pedaging

Salah satu peluang dari usaha beternak bebek yang paling banyak dilakukan dan menghasilkan keuntungan berlipat adalah beternak bebek pedaging. Permintaan daging bebek yang semakin meningkat membuat anda sangat mungkin kebanjiran orderan. Anda bisa melakukan ternak bebek sekitar 2-3 bulan sampai bebek siap untuk dipanen.

Menjalankan bisnis bebek pedaging, anda harus siap dengan perhitungan pakan ternak, perawatan dan mensiasati menghemat biaya produksi agar menghasilkan keuntungan berlipat. Siapkan lahan kosong secukupnya dengan kolam kecil agar pertumbuhan bebek bisa berlangsung lebih cepat.