Hambatan Yang Sering Muncul Pada Pengusaha Pemula

Hambatan Yang Sering Muncul Pada Pengusaha PemulaTIPSWIRAUSAHA.COM – Jutaan orang berusaha untuk memulai bisnis, namun tidak semuanya mampu bertahan dengan kerasnya dunia ini. Banyak yang kandas dan gulung tikar di tengah jalan. Padahal di setiap permasalahan pasti akan ada penyelesaian yang bisa mengatasinya. Terutama bagi pembisnis pemula yang memulai dengan iseng atau tanpa pengetahuan bisnis sama sekali.

Banyak resep bisnis diterapakan oleh para pemula, namun tidak semua resep cocok untuk jenis bisnisnya dan karakter pengusaha itu sendiri. Bahkan kadangkala hambatan muncul terus menerus dan berulang kali tanpa ada penyelesaian yang tepat. Jika anda sedang memulai suatu bisnis, berhati-hatilah dengan hambatan-hambatan saat membangun bisnis berikut ini :

Permodalan

Tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar, ada kalanya bisnis hanya dibutuhkan kemauan dan krativitas untuk mendapatkan keuntungan. Namun banyak diantara para pembisnis yang menyalahkan lemahnya modal sehingga bisnis mereka tidak berkembang dengan baik. Kesalahan ini menjadi hambatan terbesar dalam membangun bisnis.

Selain modal dari kantong pribadi atau patungan bersama rekan bisnis, anda juga bisa mendapatkan modal dari progra CSR perusahaan atau dari investor. Tawarkan ide bisnis anda sebaik mungkin pada investor dan siapkan strategi agar pendanaan yang mereka berikan mampu menghidupkan ide bisnis anda. Buat perencanaan terbaik agar mendapatkan bisnis terbaik pula.

Tim Tidak Solid

Kebutuhan tim sangat penting untuk memulai sebuah bisnis. Mengerjakan pekerjaan dengan tim akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan mengerjakannya sendiri. Pembentukan sistem dan manajerial yang baik akan menjadikan bisnis anda semakin berkembang dengan pesat.  Jika anda tidak memiliki tim yang solid maka jangan harap bisnis anda akan berkembang.

Lemahnya Pemasaran

Pemasaran menjadi salah satu kunci penting untuk mendapatkan keuntungan, jika anda tidak menguasai hal ini maka sulit bagi bisnis anda untuk mendapatkan income. Sebagus apapun produk yang anda miliki, pemasaran tetap menjadi kunci agar calon konsumen bisa menemukan produk anda.

Lemahnya Krativitas

Kreativitas sangat dibutuhkan agar dapat bertahan dengan kerasnya persaingan bisnis. Tanpa krativitas anda hanya akan menjadi pemenang di saat tertentu saja dan akan terpuruk di kemudian hari. Kreativitas yang lemah ini menjadi penghambat bisnis yang sedang berjalan atau pernah mengalami masa kejayaan.

Kurang Bisa Mengelola Keuangan

Keuangan bisa dipelajari dengan mengatur arus uang masuk dan uang keluar. Jika anda tidak mengelolanya dengan benar bisa menjadi bomerang dalam bisnis anda sendiri. Hal ini akan menjadi penghambat kesuksesan usaha anda. Jika pengeluaran lebih tinggi dari pada pendapatan maka bisa mengakibatkan bisnis anda hancur karena kehabisan modal. Jika pendapatan terus ditampung tanpa melakukan pengeluaran yang merupakan kebutuhan bisnis anda juga akan menjadikan perkembangan bisnis terhambat.