Keunggulan Perencanaan Bisnis Model Canvas

Keunggulan Perencanaan Bisnis Model CanvasTIPSWIRAUSAHA.COM – Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk memulai bisnisnya. Ada yang merencanakannya dengan matang, ada pula yang sama sekali tidak menggunakan rencana. Meski sama-sama memiliki kesempatan untuk sukses, namun memiliki rencana yang matang akan menjadikan peluang sukses anda semakin besar.

Rencana tiap bisnis juga sangat berbeda, ada yang senang menggunakan rencana dengan modelnya sendiri dan ada pula yang menggunakan trik sederhana dengan cara bisnis model canvas. Bisnis model canvas merupakan salah satu metode paling dasar untuk membangun sebuah bisnis dan diperuntukkan untuk para pemula. Meski demikian banyak yang sudah ahli pun tetap menggunakan model canvas ini.

Bisnis model canvas banyak diajarkan di berbagai kampus di Indonesia. Jenis perencanaan yang sederhana dan tampak tradisional membuatnya sangat mudah untuk dipelajari oleh siapapun. Model bisnis ini diciptakan oleh Alexander Osterwalder untuk memudahkan para pemula menulis rencana bisnis mereka.

Di dalam bisnis model canvas anda akan diminta untuk mengisikan berbagai kolom kosong diantaranya adalah penawaran (offer-led), resources yang kita punya (resource-led), customer yang sudah kita kenal (customer-led), dana yang kita punyai (finance-led), atau benar-benar random (multiple centre-led). Kolom tersebut yang akan membantu anda melengkapi segala hal dalam bisnis.

Banyak keunggulan yang ditawarkan dengan bisnis model canvas ini, berikut ini keunggulannya yang perlu anda ketahui :

Sangat sederhana

Bisnis model canvas sangatlah sederhana, anda hanya membutuhkan satu halaman saja untuk menuliskan rencana bisnis. Tanpa harus membuat proposal tebal yang akan menyita waktu dan pikiran anda. Hanya dengan satu halaman dengan blok-blok yang memudahkan anda untuk merencanakan bisnis, semuanya bisa tertuang dalam tulisan singkat model canvas ini.

Cocok untuk pengusaha pemula

Model bisnis ini sangat cocok bagi para pemula. Mereka sangat terbantu dengan adanya bisnis model canvas. Para pemula akan terbantu dengan kotak-kotak kosong yang harus diisi sesuai dengan petunjuk pengisian, sehingga kelengkapan sistem bisnis anda menjadi kompleks.

Sangat mudah dipelajari

Mempelajari bisnis model canvas sangatlah mudah, anda tidak perlu harus berpendidikan tinggi untuk bisa menelaah semuanya. Hanya perlu melakukan pemikiran tentang konsep bisnis anda dan kelengkapan yang diperlukan. Kemudian tuliskan kemungkinan dari bisnis anda dan berbagai hal yang akan dilakukan dalam bisnis dalam kotak isian bisnis model canvas ini.

Membantu mengisi bagian kosong dalam bisnis

Jika anda bingung dengan berbagai bagian bisnis yang belum terisi dengan baik. Atau bahkan merasa ada yang kurang tetapi tidak tahu kekurangan apa yang dibutuhkan bisnis anda. Cobalah untuk menggunakan bisnis model canvas. Cara ini akan membantu anda melengkapi hal yang belum terjangkau yang akan membuat bisnis anda semakin melesat dengan cepat.