Tips Memilih Mitra Bisnis Yang Tepat

Tips Memilih Mitra Bisnis Yang Tepat2TIPSWIRAUSAHA.COM – Memulai sebuah usaha pasti akan selalu dihadapkan dengan untung dan rugi serta jatuh bangun dalam menjalankannya. Tak jarang dengan resiko tersebut membuat seseorang pebisnis muda memilih untuk memiliki rekan atau mitra dalam menjalankan wirausaha. Setiap bisnis pasti tidak akan pernah bisa berdiri sendiri, mereka akan saling membutuhkan satu sama lain.

Untuk itu semakin banyak jaringan dalam bisnis maka akan semakin baik, semakin banyak mitra bisni anda maka kestabilan bisnis akan semakin baik pula. Kadangkala banyak orang yang memilih mitra atau partner bisnis berdasarkan karena sudah kenal lama dan bukan berdasarkan kualitas. Hal ini justru akan menjadi belenggu bagi bisnis anda sendiri.

Jika anda saat ini sedang mencari mitra bisnis baru, ikuti berbagai tips berikut ini agar hubungan anda dengan mitra bisnis saling menguntungkan dan bisnis berjalan dengan baik.

Dapat dipercaya

Hal paling penting dalam memilih mitra bisnis adalah bisa dipercaya, anda harus mengedepankan ini selain kualitas hasil kerjaan mitra. Jangan sampai anda sudah bekerja sama dan memberi kepercayaan dengan dia, justru dia meninggalkan anda dengan kerugian yang anda tanggung sendiri.

Mau bekerja keras

Tidak banyak mitra yang mau bekerja sama, membangun bersama sebauh bisnis atau jaringan. Kadangkala mereka akan berhenti ketika tidak ada keuntungan yang masuk. Tapi justru sebalinya, yang harusnya dilakukan oleh mitra yang baik adalah menemukan solusi dari masalah yang ada dan menyelesaikannya bersama.

Mau mengungkapkan kesalahan

Manusia adalah sumbernya salah, setiap melakukan sesuatu pasti tidak akan ada yang sempurna. Untuk itu saat anda mengerjakan proyek dengan mitra, saat terjadi masalah, setiap ada kesalahan harus bisa mengungkapkannya. Jangan sampai anda atau mitra sama-sama merasa sungkan sehingga pekerjaan tidak berlangsung dengan baik.

Tidak mudah putus asa dan mengeluh

Jangan memilih mitra yang mudah putus dan mengeluh, saat dia mengeluh berarti dia tidak pecaya pada dirinya sendiri. Pilihlah mereka yang percaya diri dan mengedepankan nilai-nilai positif sehingga saat anda dan dia sedang dirundu masalah atau kerugian, semua tidak akan berubah menjadi lebih buruk.

Dermawan

Pilihlah mitra yang dermawan terhadap sesama, tidak pelit dan mau mengasihi orang yang kekurangan. Nilai positif ini bisa menjadi hal yang membawa pengaruh baik pada bisnis anda dan bisnis dia serta kerja sama anda dan dia. Amal yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Tidak pendendam

Apabila anda telah selesai menyelesaikan masalah, namun mitra anda ternyata masih tidak suka dengan hasilnya. Maka bisa jadi akan muncul dendam dan putusnya tali silaturahmi. Jika ini benar terjadi pada anda, sebaiknya janganlah pilih mitra yang pendendam sehingga akan menyulitkan diri anda sendiri di kemudian hari.