5 Jenis Usaha Tanpa Modal Uang Seserpun

5 Jenis Usaha Tanpa Modal Uang SeserpunTIPSWIRAUSAHA.COM – Modal dalam sebuah bisnis bukanlah hal mutlak yang menjadi syarat suksesnya suatu usaha. Meski sebagian besar bisnis membutuhkan modal baik untuk menjalankan operasional, tetapi juga ada bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal sepeserpun. Bahkan kadang bisnis yang tanpa modal ini bisa lebih menguntungkan dibandingkan bisnis yang membutuhkan modal besar.

Tanpa modal bukan berarti anda tidak bisa menjalankan bisnis dengan baik. Hanya dengan modal ide dan kreativitas anda bisa menciptakan keuntungan dan bahkan bisa mempekerjakan banyak orang. Bagi anda yang tidak memiliki modal, penting untuk mengetahui berbagai jenis usaha tanpa modal uang sepeserpun berikut ini.

Semua jenis usaha bidang jasa

Hampir semua jenis bidang jasa hanya membutuhkan ketrampilan anda. Misalnya jasa membuat lukisan, jasa membuat patung, jasa mengantarkan barang dan lain sebagainya. Membuka bisnis jasa sangatlah mudah, anda hanya perlu menguasai teknik dan cara membuat sesuatu kemudian jual ketrampilan anda kepada orang lain. Bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal sepeserpun.

Bisnis reseller

Reseller merupakan pekerjaan yang gampang-gampang sulit, anda hanya perlu memiliki jaringan yang luas dan kemampuan untuk bernegosiasi. Jika anda memiliki hal ini cobalah untuk menjadi reseller, anda bisa menjadi reseller tanpa modal sedikit pun. Manfaatkan jaringan grup atau pertemanan yang anda miliki untuk mendapatkan untung dengan menjualkan barang milik orang lain.

Usaha publisher iklan

Menjadi publisher adalah pilihan yang tepat bagi anda yang tidak ingin terlalu repot di dunia nyata dan memiliki kesempatan mendapatkan keuntungan lebih. Anda bisa mendapatkan untung dengan membuat blog-blog gratisan dan mengisinya dengan konten unik. Selanjutnya daftarkan pada google adsense atau program PPC lainnya. Jika anda serius dalam bisnis niscaya anda bisa mendapatkan kesuksesan yang jauh diatas harapan anda.

Menjadi afiliate marketing

Bisnis ini sangatlah mudah dijalankan, anda bisa memasarkan produk milik orang lain atau perusahaan tertentu. Salah satu syaratnya kita memiliki blog atau website khusus untuk memarkan produk mereka.  Apabila barang yang dipromosikan melalui website kita laku, maka kita akan mendapakan komisi yang lumayan menguntungkan. Salah satunya adalah amazon.com, click bank.com dan lain sebagainya.

Menjadi penulis konten

Apabila anda memiliki hobi menulis, anda bisa menjalankan bisnis menulis konten tanpa modal sama sekali. Anda hanya perlu memasarkan diri anda untuk menulis sebuah konten website atau review produk. Usaha ini sangat mudah karena disamping tanpa modal sepeser pun, anda juga bisa mengerjakannya kapanpun dan dimanapun.

Meskipun ada bisnis yang bisa berjalan tanpa modal, namun pada saat operasional bisnis anda harus bisa memainkan keuntungan yang diperoleh. Gunakan uang hasil keuntungan untuk meningkatkan produktifitas, misalnya menambah karyawan atau anggaran untuk melakukan iklan.