Trik Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Trik Meningkatkan Loyalitas PelangganTIPSWIRAUSAHA.COM – Setiap bisnis akan terus bertahan lama jika pelanggan yang ada terus bertahan dan bisa loyal terhadap anda. Ada dua jenis pelanggan yang biasanya ada dalam sebuah bisnis, yaitu pelanggan tetap yang sering menggunakan produk anda dan ada pelanggan baru yang baru mencoba menggunakan produk anda.

Berdasarkan survey membuktikan bahwa pelanggan baru lebih mahal dan membutuhkan perjuangan besar untuk mendapatkannya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa mendapatkan pelanggan baru lebih sulit dibandingkan menjaga pelanggan lama tetap loyal. Namun setiap bisnis harus memiliki strategi khusus untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan yang lama.

Rutin berkomunikasi dengan pelanggan

Memanusiakan pelanggan sangat penting agar pelanggan bisa loyal terhadap produk anda. Hal ini sangat penting untuk menjaga hubungan baik antara anda dengan pelanggan. Jangan lupa untuk terus mengirimkan pesan dan ucapan meski hanya sekedar terima kasih agar pelanggan merasa dihargai dengan baik.

Ucapan inilah yang selanjutnya akan membuat pelanggan merasa nyaman dengan anda dan mendapatkan loyalitasnya dengan baik. Pastikan anda melakukan komunikasi pada saat-saat tertentu misalnya mengucapkan terima kasih saat konsumen telah menggunakan produk anda dan sebagainya.

Melihat dari sudut pandang pelanggan

Melihat sudut pandang pelanggan sangat penting agar anda bisa merasakan apa yang pelanggan rasakan. Bisa jadi layanan yang saat ini anda rasa sudah memuaskan, tetapi jika berada pada kondisi sebagai seorang pelanggan menjadi hal yang tidak memuaskan. Hal ini sangat penting agar kepuasan pelanggan bisa terjaga dan meningkat dengan baik.

Menghubungi pelanggan lama yang non aktif

Pelanggan lama yang tidak aktif kembali pada dasarnya masih berpotensi untuk kembali menggunakan jasa anda. Ingatlah produk anda termasuk dalam jenis produk yang “repeat order” atau tidak. Artinya produk yang dikonsumsi secara berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu. Jika benar, maka pada saat kondisi dimana kemungkinan pelanggan akan membeli lagi, berikan perhatian lebih dengan menghubungi pelanggan atau dengan cara kreatif lainnya.

Berikan “reminder” atau ucapan secara rutin

Pengingat atau reminder sangat bermanfaat agar membuat pelanggan tetap ingat anda setiap saat. Jika ini dilakukan, maka dalam jangka waktu lama pelanggan akan loyal kepada anda dan menghargai usaha anda serta kemungkinan besar akan berfikir tentang anda atau brand anda saat suatu ketika membutuhkan jasa seperti yang anda sediakan. Gunakan berbagai fasilitas komunikasi seperti telepon, sms, chat, email dan lain sebagainya. Hal ini akan semakin meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap anda, namun harus diperhatikan agar tidak melakukan “reminder” secara terus menerus sehingga membuatnya bosan.

Menjaga loyalitas pelanggan tidak semudah yang dibayangkan, terkadang kita harus mengalokasikan dana tertentu yang digunakan untuk hal seperti ini. Pertimbangkan alokasi dana yang akan digunakan dan proyeksi perkembangannya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.