Peluang Bisnis Cacing Tanah Yang Menjanjikan

Peluang Bisnis Cacing Tanah Yang MenjanjikanTIPSWIRAUSAHA.COM – Peluang bisnis akan datang kapan pun dan dimanapun. Tinggal bagaimana anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan lebih dari peluang tersebut, ada harus berani mengambil dan memanfaatkan peluang secepat mungkin.

Salah satunya adalah bisnis cacing tanah. Cacing tanah banyak dibutuhkan sebagai pakan ternak atau bahan baku pembuatan obat. Peluang ini sangat menjanjikan mengingat tidak banyak orang yang mau menjalankan bisnis hewan berlendir ini.

Perlu anda tahu bahwa harga cacing tanah terus melonjak, bahkan saat ini harga satu kilogram cacing tanah bisa mencapai Rp 166 ribu. Bagi anda yang tertaruk untuk memulai bisnis ini. Ikuti berbagail angkah dan tips berikut ini agar bisnis cacing tanah anda berjalan lancar dan menguntungkan.

Siapkan tempat dan alat budidaya

Menjalankan bisnis cacing tanah, anda harus memiliki media budidaya berupa tanah dan lokasi yang tepat. Namun juga bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti bambu, rumbia, papan, ijuk serta tanah liat. Buatlah kandang berukuran sedang midalnya 1,5 x 18 m dan tingginya 0,45 meter.  Anda perlu menyiapkan rak bertingkat yang digunakan sebagai wadah pemeliharan cacing tanah di kandang tersebut.

Siapkan pembibitan cacing tanah

Jika anda memulai bisnis cacing tanah skala kecil, anda bisa mencari bibit cacing pada kotoran hewan atau tumpukan sampah yang telah membusuk. Namun jika skala bisnis cacing tanah yang besar, anda bisa membeli bibitnya karena jumlah bibit cacing tanah yang cukup besar.

Letakkan cacing pada media pembesaran

Langkah selanjutnya setelah anda mendapatkan bibit adalah melakukan penanaman cacing ke dalam wadah. Ingat bahwa jangan memasukkan semua bibit cacing sekaligus, namun cobalah untuk mencoba satu per satu, sedikit demi sedikit. Amatilah apakah bibit tersebut dapat menyesuikan diri dengan baik atau tidak. Jika semuanya berjalan lancar, anda bisa memasukkan semua bibit pada media yang disediakan.

Sistem perkawinan

Perlu anda ketahui bahwa cacing tanah termasuk dalam hewan hemaprodit. Hewan ini memiliki alat kelamin jantan dan betina di dalam tubuhnya. Namun cacing tidak bisa melakukan pembuahan sendiri. Biasanya cacing akan akan membutuhkan pasangannya untuk menghasilkan kokon yang berisi telur cacing.  Kokon inilah yang bisa anda letakkan pada media yang cukup lembab agar bisa menetas.  Waktunya tidak singkat yaitu berkisar antara 14-20 hari.

Cara pemeliharaan cacing tanah

Memelihara cacing tanah tidaklah sulit, anda cukup memberikan pakan cacing satu kali saja dalam sehari, semalam. Biasanya disesuaikan dengan berat cacing tanah yang telah ditanamkan. Jika anda menanam 1 kologram cacing, maka pakan yang dibutuhkan adalah 1 kilogram. Pakan cacing tanah adalah kotoran hewan.

Untuk pemasaran cacing tanah masih sangat mudah dilakukan, tawarkan pada orang yang membuat obat dari cacing tanah dan pada orang menggunakan cacing untuk umpan pada burung atau ikan peliharaan. Jika sudah berlangsung lama, anda bisa mendapatkan pelanggan tetap yang akan membeli cacing dari anda.