Alasan Menjadi Wirausaha Menurut Robert T Kiyosaki

Alasan Menjadi Wirausaha Menurut Robert KoyosakiTIPSWIRAUSAHA.COM – Setiap orang  yang memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis bisa dipastikan harus memiliki mental yang kuat. Tantangan demi tantangan pasti akan selalu datang dan harus siap dihadapinya bagaimanapun caranya. Meski demikian, seorang wirausahawan tidak boleh menyerah oleh keadaan, apalagi karena hanya tidak ada modal.

Menurut Robert T.Kiyosaki yang sangat dikenal dengan istilah 4 kelompok kuadran berdasarkan cara orang dalam mendapatkan penghasilan, menyarankan untuk menjadi wirausaha. Kebebasan finansial yang menjadi salah satu tujuan dari wirausaha itu sendiri. Empat kuadran tersebut berurutan mulai dari  yang paling mudah dan paling sulit dalam mendapatkan penghasilan.

Pertama, kuadran menurut Robert T. Kiyosaki kelompok pertama adalah yang paling tidak nyaman yaitu mereka yang bekerja untuk menghasilkan uang. Mereka ini adalah para employee yaitu pekerja yang melakukan pekerjaannya untuk mendapatkan upah. Mereka hanya akan mendapatkan penghasilan ketika mereka menjalankan pekerjaan dari atasannya.

Kedua, kelompok ini ditempati oleh para self-employed. Mereka adalah para pekerja lepas, biasanya berupa seorang profesional seperti arsitek, ahli hukum dan lain sebagainya. Mereka bekerja untuk diri mereka sendiri dengan mengandalkan kemampuan dari dirinya sendiri.

Ketiga, kuadran ini ditempati oleh para business owner. Mereka adalah orang yang mempekerjakan orang lain dan membayarkan upah. Jenis bisnis owner yang disebut dengan seorang entrepreneur. Robert T. Kiyosaki menyarankan untuk berada pada kuadran ini. Hal ini karena untuk menjadi business owner bisa dilakukan oleh siapapun. Meski tidak memiliki strata pendidikan tinggi pun bisa menjalankannya.

Kuadran ke empat, ditempati oleh para investor. Mereka inilah yang disebut dengan uang bekerja untuk anda. Para Investor akan menanamkan kekayaannya untuk dikembangkan dan akan memperoleh kebebasan finansial sehingga memiliki kebebasan waktu melakukan sesuai yang diinginkan.

Bagi setiap orang, berpindah dari satu kuadran ke kuadran lain bukanlah hal yang gampang. Bahkan bisa menjadi hal terberat dalam hidup. Misalnya jika anda saat ini adalah seorang karyawan, untuk berubah menjadi seorang business owner tidak akan mudah. Butuh perjuangan, tekad dan kerja keras untuk meyakinkan diri.

Berdasarkan kondisi keempat kuadran ini, hal paling ideal untuk menjadi kuadran paling tinggi adalah dengan menjadi pengusaha. Berwirausaha merupakan salah satu kunci sukses untuk mendapatkan kebebasan finansial.  Ketika anda dihadapkan dengan kebutuhan hidup yang semakin bertambah, maka menjadi wirausaha adalah pilihan yang tepat.

Menjajaki setiap kuadran di atas bisa mengasah kemampuan anda menjalani hidup. Tapi dengan memulai menjadi wirausaha sejak dini, anda akan bisa menguasai berbagai kuadran bahkan hingga sampai pada kuadran ke empat dan mendapatkan kebebasan finansial sepanjang hidup. Mulailah menjadi wirausaha sejak dini agar mendapatkan kebebasan waktu, finansial dan kebebasan dari sistem orang lain.