Aneka Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Aneka Peluang Bisnis Untuk MahasiswaJika anda adalah seorang mahasiswa yang sedang mencari ide-ide peluang usaha dan berbisnis, maka artikel ini sangat sesuai dengan harapan Anda.

Sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang bisa dikerjakan oleh para mahasiswa. Yang dibutuhkan adalah keberanian dan ketekunan untuk menjalankannya di sela-sela waktu belajar.

Saat ini sudah banyak mahasiswa yang menjalankan bisnis sambil kuliah karena mereka memiliki motivasi yang sangat kuat seperti ingin menjadi mandiri, bisa mencari uang tambahan sendiri tanpa bantuan orang tua.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa, antara lain:

Bisnis Bimbingan Belajar

Bisnis usaha bimbingan belajar ini bermula dari saat saya jalan-jalan ke Yogyakarta. Sat itu saya melihat sebuah bimbingan belajar yang ruangannya biasa saja, namun uniknya tempat bimbel tersebut berbasis laboratorium serta kelihatannya cukup menarik. Jika dilihat dari kemasan bisnisnya, kemungkinan besar bisnis itu hanya usaha personal atau beberapa orang mahasiswa.

Nah, dari gambaran yang saya lihat tersebut saya rasa Anda juga dapat juga membuka sebuah lembaga bimbingan belajar untuk beberapa siswa baik dari SD, SMP hingga ke SMU.

Saat ini sudah banyak bermunculan lembaga-lembaga bimbingan belajar di area perumahan dan kampung- kampung. Hal ini jelas merupakan suatu peluang usaha untuk para mahasiswa.

Anda dapat menghimpun teman atau rekan yang menguasai bidang studi masing-masing serta mencoba berbagi profit dengan mereka untuk tiap-tiap sesi evaluasi yang mereka lakukan. Intinya Anda mengelola instansi bimbingan belajar skala kecil yang SDM-nya adalah teman-teman Anda juga.

Bisnis Lembaga Pelatihan

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki kreatifitas serta mudah untuk berkomunikasi, maka ide bisnis membuka layanan training dan pelatihan untuk sebagian kelompok umur merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Anda dapat berikan kursus pada mahasiswa, anak sekolah, karyawan bahkan dapat juga ke sebagian perusahaan skala UKM serta masyarakat umum. Ada banyak tema training yang bisa Anda berikan, mulai dari materi manajemen waktu, manajemen organisasi, manajemen bisnis, bahkan bisa sampai ke training pembuatan produk untuk ibu rumah tangga misalnya.

Kuncinya adalah Anda harus membangun komunikasi yang baik serta juga melacak SDM yang dapat membantu Anda mengelola training tersebut. Anda tak perlu memiliki seluruh keahlian yang diperlukan untuk training ini, carilah SDM yang dapat diajak bekerja sama untuk melatih serta mengelola instansi training Anda, tetapi andalah pengusahanya.

Bisnis Les Privat

Usaha les privat jelas sudah banyak yang mengerjakannya, tetapi peminat layanan ini pun kian hari kian meningkat. Peluang bisnis layanan les privat oleh para mahasiswa telah banyak kita jumpai di lingkungan lebih kita. Anda dapat memakai kekuatan Anda sebagai mahsiswa yang mengambil jurusan spesifik contohnya matematika, bahasa Inggris atau bidang yang lain. Anda dapat mengajar di perumahan, sekolah, untuk tawarkan layanan les privat pada anak-anak yang memerlukan les tambahan.

Bisnis Jasa Penerjemah

Ide usaha yang satu ini juga tidak jauh dari kekuatan akademis seorang mahasisa. Ujung-ujungnya juga merupakan suatu bisnis layanan yang dapat Anda lakukan. Bila Anda tidak memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, Anda tetap saja bis mengelola bisnis ini dengan cara merekrut orang-orang terbaik di bidangnya dan mempekerjakan mereka dengan sistem bagi hasil.

###

Nah itulah beberapa peluang usaha yang bisa dikerjakan oleh para mahasiswa yang mengandalkan kemampuannya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih. Semoga bermanfaat.