Tips Menjalankan Bisnis Daging Qurban

Tips Menjalankan Bisnis Daging QurbanTIPSWIRAUSAHA.COM – Setiap satu tahun sekali, selalu akan ada momen dimana peermintaan terhadap hewan jenis kambing dan sapi mengalami peningkat. Momen tersebut ialah disaat Hari Raya Idul Adha. Masyarakat penganut agama Islam yang dikategorikan mampu, wajib melakukan penyembelihan hewan sebagai kurban. Peluang seperti ini sebaiknya Anda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi rupiah.  Tidak ada kata terlambat jika Anda mau berusaha. Masih ada waktu 1 bulan kedepan guna menyusun strategi perdagangan hewan kurban.

Bisnis perdagangan hewan kurban pada prinsipnya ialah trik jual beli saja. Pernyataan ini berlaku bagi Anda yang belum berpengalaman dibidang ini. Jika Anda seorang peternak, tentu momen Idul Adha rutin menjadi bisnis tahunan. Hewan peliharaan Anda pasti akan diburu masyarakat, baik pedagang ataupun pembeli secara individu. Tak perlu khawatir bagi Anda yang belum pernah mencoba bisnis ini. Modal pas-pasan bukanlah kendala yang dapat menghambat berjalannya rantai perdagangan. Uang hanya perlu diputar dan dihentikan tetap pada saat yang tepat.

Strategi pertama yakni ketika Anda memilih kambing sebagai hewan yang akan diperjualbelikan. Belilah hewan kambing dari peternak 2 atau 3 bulan sebelum Idul Adha berlangsung. Pilih peternak yang mau menjualnya dengan harga rendah. Inilah trik yang harus Anda perhatikan. Kemudian, rawatlah secara hati-hati dan penuh ketelatenan hingga Anda menemukan saat yang tepat untuk menjualnya. Semakin besar kondisi fisik kambing, maka semakin tinggi pula harganya. Selisih dari harga jual dan harga beli merupakan untung yang Anda peroleh.

Berbeda dengan kambing, Anda tidak perlu membeli sapi jauh-jauh hari dan merawatnya sendiri di rumah. Hal ini berkaitan modal yang Anda miliki. Harga sapi yang tinggi tidak memungkinkan Anda untuk membelinya dalam jumlah besar. Meski begitu, Anda tetap berpeluang untuk menjadi bagian dari bisnis perdagangan hewan kurban. Caranya lebih mudah, perankan diri Anda sebagai distributor sapi. Artinya, Anda cukup mempromosikan sapi milik peternak tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Untung yang Anda dapat ialah selisih harga jual dari peternak dengan harga jual Anda.

Tidak berbeda jauh dengan bisnis properti saat Anda berinisiatif untuk menjadi penyalur. Peternak atau produsen hewan kurban (sapi) telah siap mencari konsumen jauh-jauh hari sebelum Idul Adha tiba. Anda dapat melakukan promosi dengan cara memasang iklan di media masa. Bisa juga melaui selebaran yang Anda sebarkan ke masjid-masjid. Sertakan nomor ponsel agar konsumen mudah menghubungi Anda. Tawarkan harga tertinggi pada konsumen karena umumnya mereka akan melakukan nego untuk memperoleh potongan harga.

Siapapun Anda, besar peluang untuk dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan bisnis hewan kurban ini. Bahkan bagi Anda yang belum pernah menjajalnya sekalipun. Cobalah untuk memanfaatkan moment