Tips Sukses Memulai Bisnis Pecel Lele

Menu Pecel Lele Pecel lele sudah menjadi bagian makanan rakyat secara merata, mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Lihatlah para pengelola bisnis ini mulai dari warung kaki lima hingga ke tingkat restoran misalnya,  restoran Pecel Lele Lela yang terbilang sukses dengan banyak cabang di Jakarta dengan omset miliaran rupiah setiap harinya.

Bagaimana rahasia kesuksesan restoran Pecel Lele Lela tersebut? Sang pengelola mungkin enggan membeberkannya untuk Anda. Tapi saya akan mencoba mengulik dibalik kesuksesannya ini.

Sekilas tentang profil pengelola restoran Pecel Lele Lela adalah pengusaha muda berusia31 th, berawal dari PHK yang diterimanya dia kemudian mencoba bisnis pecel lele. Mulanya dia menyewa sebuah tempat untuk memulai usahanya. Akhirnya ia sekarang sukses dengan puluhan cabang dan memiliki sekitar 300 karyawan.

Asal Anda tahu bahwa kesuksesan Anda ada di tangan Anda sendiri. Pecel Lele Lela tidak berhasil hanya karena makanannya yang enak, atau memiliki resep rahasia dan semacamnya. Diantara Anda pasti ada yang mampu membuat pecel lele lebih enak dari pada Pecel Lele Lela. Tapi kenapa Anda tidak mampu untuk menjadi lebih sukses? Jawabannya yaitu hanya dua kata, sistem manajemen. Ya, itulah kelebihan dari seseorang. Jika Anda memiliki niat yang besar, sesuatu yang besar pun tidak akan sulit untuk Anda kejar. Anda akan dapat mencari sumber-sumber lain seperti buku atau panduan lainnya.

Pemilihan Lokasi

Lokasi paling berpengaruh untuk menentukan bisnis tersebut maju atau tidak. Terkadang Anda memerlukan keberuntungan untuk menemukan lokasi yang sangat stategis bagi usaha Anda. Biasanya tempat yang strategis akan disewakan dengan harga yang cukup mahal. Untuk Anda yang memiliki modal cukup pun harus mempertimbangkan apakah keuntungannya akan sebanding dengan modal yang dikeluarkan untuk menyewa lokasi.

Ciri-ciri lokasi yang strategis:

  1. Berada di lingkungan dengan daya beli masyarakatnya yang sangat tinggi.
  2. Tempat untuk parkir tersedia luas.
  3. Berada di pinggir jalan, pertigaan, atau perempatan yang ramai oleh orang berlalu lalang.
  4. Mobilitas

Mempersiapkan Semuanya

Persiapkan semua kebutuhan Anda. Saya tidak dapat merinci secara satu per satu kebutuhan Anda, tapi Anda dapat menentukan sendiri kebutuhan yang seperti apa, atau dengan melihat pada yang lain

Menetapkan Menu

Buatlah menu apa saja yang akan tersedia di dalam bisnis Anda. Kebanyakan warung pecel lele akan di kombinasi dengan pecel bebek, pecel ayam, soto ayam, nasi goreng, tahu dan tempe. Kebanyakan dari menu tersebut menggunakan bahan dasar yang sama sehingga tidak perlu terlalu banyak menyediakan beragam bahan. Contoh Ketoprak, Pecel, Gado-gado sama-sama menggunakan bumbu kacang tinggal kombinasi sayurannya yang berbeda.

Makanan Inovatif

Menu yang enak serta berkualitas menjadi daya tarik tersendiri. Pembeli yang ketagihan akan datang lagi. Jika Anda memiliki ide kreatif untuk membuat inovasi sendiri tuangkan saja ide Anda.

Harga Yang Pantas

Menetapkan harga sama dengan menetapkan keuntungan yang akan Anda diperoleh. Tidak ada ketentuan tertulis untuk menentukan harga. Bagi saya menetapkan keuntungan 30% sampai 40%.

Tapi jika Anda masih bingung dengan harga yang pantas, Anda sementara bisa mengikuti harga pasaran di sekitar lokasi Anda. Harga pasaran di setiap daerah tentulah berbeda. Selain itu Anda harus mempertahankan keuntungan. Misalnya, terkadang setiap orang memiliki permintaan khusus ketika mereka memesan menu. apabila permintaan itu terlalu mengurangi keuntungan Anda, contohnya meminta tambah nasi, jangan lupa untuk menghitungnya, ini hak Anda. Tapi ini tidak perlu dilakukan jika Anda sudah memperhitungkannya dalam keuntungan yang Anda peroleh.

Bila pembeli keberatan untuk membayar tambahan cobalah berikan pengertian, bahwa untuk memasak nasi itu tidaklah murah. Bila pembeli tidak juga mengerti mungkin ia akan beralih ke lainnya. Biarkan saja hal tersebut percayalah, Anda tidak butuh pembeli semacam itu.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuka usaha. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan dapat memberikan Anda motivasi untuk membuka usaha sendiri. Terima kasih