Tips Mendapat Pelanggan Baru Bisnis Anda

Tips Mendapat Pelanggan Baru Bisnis AndaTIPSWIRAUSAHA.COM – Bisnis ialah suatu bentuk usaha untuk menghasilkan keuntungan finansial. Input bisnis yakni modal, berupa dana, ide dan tenaga. Sedangkan output bisnis yaitu produk yang terdiri dari 2 jenis, jasa dan barang. Masing-masing jenis tersebut berkembang menjadi berbagai macam sektor. Contoh jenis bisnis jasa antara lain salon, cuci motor/mobil dan rental. Konvesksi dan restoran merupakan contoh dari bisnis produk. Apapun jenis bisnisnya, tentu perlu sekumpulan orang yang mau membeli produk tersebut atau lebih dikenal dengan sebutan konsumen.

Prospek bisnis kerap digambarkan seperti kegiatan memancing menggunakan alat pancing. Produsen memegang tongkat yang terikat dengan tali pancing, kemudian dilempar ke perairan. Kail yang diibaratkan sebagai produk dan ikan ialah konsumen. Umpan yang terpasang pada kail akan menarik perhatian ikan. 2 faktor yang mempernagruhi jumlah ikan yang tertarik ialah pemilihan lokasi memancing dan umpan. Lokasi harus tepat dimana ikan sedang berkumpul dan membutuhkan makan. Umpan juga harus sesusi dengan yang diinginkan ikan tersebut.

Kesimpulannya yakni untuk dapat menarik pelanggan baru dalam bisnis Anda, dibutuhkan lokasi dan ide yang tepat. Lokasi sangat besar pengaruhnya, pilihlah yang strategis dan mudah dijangkau. Produk bisnis Anda juga akan menentukan seberapa besar pelanggan nantinya. Carilah apa yang saat ini sedang dimintai banyak kalangan. Selanjutnya, lakukan inovasi pada produk itu agar konsumen tetap tertarik untuk menggunakannya. Berikut 5 tips baru untuk menarik hati pelanggan baru di bisnis Anda.

Pangsa pasar

Pangsa pasar atau kalangan yang Anda bidik menjadi konsumen harus jelas. Misalnya, bisnis Anda mengarah pada anak-anak, remaja atau kalangan dewasa. Hal ini perlu diperhatikan karena mempengaruhi pelayanan yang akan Anda berikan. Selain itu, bentuk fisik bisnis Anda juga akan berbeda berdasarkan jenis pasang pasar ini. Misalnya Anda berbisnis toko aksesoris, tentu konsumen yang dimaksud ialah remaja. Bangun toko Anda dengan konsep sesuai keinginan remaja. Warna serba pink dan tata letak yang menarik dapat menghadirkan kesan unik.

Lokasi

Anda dapat menentukan lokasi setelah mengetahui pangsa pasarnya. Contohnya bisnis aksesoris remaja di atas. Lokasi yang paling tepat ialah area kampus, sekolah dan kos-kosan wanita. Sekolah juga harus menyesuaikan, minimal SMP. Sebab, anak SD belum membutuhkan barang ini dan uang saku mereka juga terbatas. Tempat ramai lainnya bisa Anda jadikan referensi, misalnya alun-alun kota, tempat wisata dan GOR. Intinya, carilah lokasi yang banyak dikunjungi dan strategis.

Strategi promosi

Promosi atau pengenalan produk bisnis Anda, ini ialah penentu terbesar untuk dapat menarik konsumen. Hal yang sering dilakukan ialah menyebarkan brosur, iklan di media dan dari mulut ke mulut. Cobalah usung dengan promosi konsep yang berbeda. Buatlah event gratis yang dapat mengundang perhatian banyak orang. Contohnya konser musik, disela-sela acara Anda dapat memperkenalkan bisnis tersebut ke pengunjung. Sampaikanlah dengan gaya bahasa yang membuat orang penasaran dan ingin mengetahuinya lebih lanjut.