3 Cara Memaksimalkan Brosur Bisnis Anda

3 Cara Memaksimalkan Brosur Bisnis AndaTIPSWIRAUSAHA.COM – Hal yang harus Anda lakukan ketika bisnis telah ide rampung digodog ialah menyiapkan strategi promosi. Metode lama yang hingga saat ini masih popular yaitu dengan menggunakan alat bantu berupa brosur. Alat ini banyak digunakan karena dana yang dikeluarkan lebih ringan disbanding metode promosi yang lain. Misalnya promosi melalui media elektronik (TV, radio) dan cetak (koran, majalah). Brosur berbentuk selembar kertas yang berisi tentang informasi singkat terkait dengan bisnis Anda. Tentu informasi yang dimaksud yakni bagaimana cara untuk dapat memanfaatkan bisnis tersebut.

Tujuan penyebaran brosur ialah untuk mempromosikan bisnis Anda. Teknik persebarannya pun dengan berbagai macam cara, diantaranya ditempel di tempat umum, dibagikan langsung ke masyarakat dan lainnya. Ironisnya terkadang penerima tidak begitu memperhatikan isi brosur Anda. Mereka hanya sekilas membaca atau justru langsung membuangnya beberapa saat setelah Anda bagikan. Kejadian ini berdapak negatife, Anda rugi karena brosur terbuang sia-sia. Lebih dari itu, usaha promosi yang Anda lakukan juga menjadi tidak ada artinya.

Ternyata terdapat trik untuk membuat masyarakat antusias membaca brosur. Informasi yang Anda berikan tersampaikan. Bisnis Anda pun berkembang seperti apa yang telah direncanakan. Berikut 3 cara memaksimalkan brosur bisnis Anda.

Desain unik dan menarik

Brosur harus memiliki desain yang unik dan menarik. Buatlah masyarakat yang melihatnya penasaran sehingga sangat ingin membacanya. Pilihan warna dan tata letak brosur menjadi kuncinya. Hal lain yang wajib Anda perhatikan yakni terkait isi brosur itu sendiri. Sertakan keuntungan apa yang dapat konsumen peroleh ketika bergabung dengan bisnis Anda. Buatlah konsumen yakin bahwa bisnis Anda lebih baik disbanding dengan competitor.

Bidik pangsa pasar

Pangsa pasar yang Anda bidik sebagai target promosi harus jelas. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan negatife yang tidak diinginkan. Sebut saja brosur tidak dibaca atau dibuang begitu saja. Meski pembuatan brosur terbilang murah, Anda tetap rugi jika tidak dimanfaatkan sesuai kebutuhan.  Tentukanlah siapa saja yang akan menjadi konsumen Anda. Sebarkan brosur ditempat yang sering mereka kunjungi.

Gambaran singkat untuk Anda, misalnya bisnis Anda ialah usaha fotokopi. Target konsumen Anda bisa berasal dari banyak kalangan. Secara global golongkan menjadi 2 bagian, yakni pelajar dan pekerja. Mulailah membuat perencanaan di sekolah, kampus dan kantor mana saja yang akan Anda bagi/tempelkan brosur. Cari momen yang tepat untuk menyebarkannya. Saat jam istirahat atau waktu mereka dalam keadaan santai dan berpeluang membaca brosur tersebut. Hindari ketika mereka sedang sibuk karena kemungkinan besar brosur Anda akan diabaikan.

Evaluasi

Evaluasi ini berhubungan dengan kondisi fisik brosur dan metode penyebarannya. Lakukan wawancara singkat dengan beberapa orang yang sedang membaca brosur Anda. Pertanyaan pasti tentang keunikan dan kemenarikan brosur. Catat poin pentingnya dan bahaslah dengan rekan bisnis Anda. Metode yang Anda lakukan juga harus dievaluasi. Tanyakan kepada konsumen tentang dimana mereka mendapatkan brosur sehingga memanfaatkan bisnis Anda.