Tips Gunakan Instagram Untuk Membangun Loyalitas Konsumen

TIPSWIRAUSAHA.COM – Instagram ialah salah satu media sosial yang lebih menonjolkan gambar untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna. Gambar tersebut dapat berupa foto dan video, dilengkapi dengan beberapa keterangan dalam bentuk kalimat singkat. Media sosial ini sangat cocok Anda gunakan sebagai wadah pengenalan bisnis atau sapaan akrabnya yakni promosi. Secara berkesinambungan juga bisa digunakan untuk membangun keloyalitasan para konsumen setia produk Anda. Berikut langkah-langkah yang wajib Anda kuasai.

1. Perhatikan nama akun bisnis Anda

Nama akun instagram bisnis Anda ialah hal pertama dan utama yang harus diperhatikan. Banyaknya pengguna lain kategori pribadi atau sesama pebisnis, menuntut Anda untuk jeli dalam pemilihan nama akun. Unik, menarik dan mudah diingat merupakan dasar pembuatan nama akun instagram ini.

2. Kualitas gambar yang diunggah

Ciri khas media sosial instagram terletak pada gambar yang diunggah oleh pengguna. Segala informasi terkait bisnis dan produk Anda dapat dipantau konsumen dari gambar tersebut. Sajikan gambar dengan kualitas terbaik, minimal tidak pecah ketika diperbesar. Artinya, kamera yang Anda gunakan harus dapat menghasilkan gambar berukuran tinggi (SLR). Hindari penambahan efek pada foto yang Anda unggal. Hal ini akan mengecawakan konsumen karena produk yang diterima tidak sama dengan foto/video yang mereka lihat di instagram.

3. Libatkan pelanggan dalam promosi

Hargai pelanggan setia dengan cara mengunggah foto atau videonya saat menggunakan produk Anda. Cara ini secara tidak langsung merupakan trik promosi yang melibatkan konsumen. Mereka pasti akan terkesan saat aktivitasnya Anda ekspos. Semakin banyak gambar sejenis menunjukkan bahwa pelanggan Anda bertambah jumlahnya. Hal inilah yang disebut dengan rantai promosi, jagalah agar kian panjang dan bisnis Anda pun kian berkibar.

4. Ciptakan event menarik

Poin ini sama dengan sebelumnya, yakni melibatkan secara langsung konsumen dan calon kosumen dalam promosi produk. Buatlah sebuah event yang menyedot perhatian banyak pasang mata. Contohnya lomba foto selfi, tentunya dengan ketentuan penyertaan produk Anda. Kuncinya, terletak pada hadiah yang menggiurkan. Rencanakanlah dengan matang terkait kalkulasi nominal pengeluaran untuk alokasi hadiah. Jumlah pengguna instagram yang mengikuti event sebanding dengan seberapa banyak produk Anda yang terjual.

5. Hadiahkan sesuatu kepada pelanggan

Berikan hadiah dalam bentuk apapun kepada pelanggan yang telah menggunakan produk Anda dalam periode waktu lama. Momen lebaran atau tahun baru bisa Anda manfaatkan. Hadiah ini dapat berupa produk Anda sendiri, kirimkan ke alamat mereka. Tambahkan ucapan terimakasih atas kesetiaan mereka dalam memanfaatkan produk tersebut. Jangan lupa, ambil foto saat penerimaan hadiah dan unggah ke instagram Anda. Ini adalah bukti bahwa Anda menjalin hubungan baik dengan para pelanggan setia.

Bangun loyalitas konsumen melalui instagram dengan 5 cara di atas. Dua hal yang bisa Anda peroleh sekaligus, yakni jiwa loyalitas serta memperpanjang dan menguatkan rantai promosi. Manfaatkanlah instagram sebagaimana mestinya agar bisnis dapat berkembang dengan pesat.