Rahasia Agar Kerjasama Bisnis Menguntungkan Anda

Rahasia Agar Kerjasama Bisnis Menguntungkan AndaTIPSWIRAUSAHA.COM – Bisnis bila dikerjakan secara bersama-sama pasti akan memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan mandiri. Kekuatan tersebut berupa modal, pengalaman, pengetahuan hingga konsumen. Dibutuhkan patner yang dapat dipercaya untuk dijadikan rekan bekerjasama. Jangan sampai kawan berbalik menjadi lawan disaat kerjasama telah berjalan sukses. Berikut rahasia agar kerjasama bisnis saling menguntungkan.

1. Visi dan misi

Penerapan strategi lanjutan setelah adanya kerjasama dengan pihak lain, seharusnya merupakan hasil diskusi dengan mitra bisnis. Hal ini akan lebih mudah dilakukan jika mitra yang Anda bidik memiliki kesamaan visi dan misi. Kuncinya yakni fokus satu tujuan untuk membuat bisnis yang dikelola bersama semakin maju. Berjalan beriringan di jalur yang sama dengan mitra bisnis pasti mempercepat langkah menuju gerbang kesuksesan bersama. Leburkan keegoisan konsep bisnis masing-masing dan ciptakan inovasi dalam jalinan kerjasama tersebut.

2. Pemahaman konsep kerjasama

Sebelum akhirnya berhasil mencapai kesepakatan, sebaiknya saling bertukar company profile perusahaan dengan calon mitra bisnis Anda. Pemahaman konsep antar perusahaan sangat penting dalam penentuan langkah berikutnya. Anda harus benar-benar memahami apa yang tertulis di company profile perusahaan mitra. Bila perlu, lakukan meeting untuk tanya jawab terkait informasi yang telah Anda terima. Kupas tuntas semua aspek yang Anda ingin tahu pada pertemuan itu. Pastikan bahwa kerjasama yang akan Anda jalin saling menguntungkan.

3. Perjanjian kerjasama bisnis

Isi pokok perjanjian kerjasama bisnis ialah penentuan tanggungjawab dan bagi hasil keuntungan finansial. Tuangkan secara terperinci dan detail perihal apa saja hak dan kewajiban antar masing-masing mitra bisnis. Cantumkan besaran nominal bagi hasil keuntungan dengan jelas. Jelas, perjanjian ini ialah kesepakatan yang Anda buat dengan mitra tersebut. Tandatangani di atas materai dan pastikan semua mitra memiliki dokumen perjanjian asli. Jika terdapat mitra bisnis yang melanggar peraturan, maka Anda bisa melakukan tuntutan kepada pihak berwajib.

4. Jalin komunikasi dua arah

Komunikasi di dalam dunia bisnis sangat penting. Jalin komunikasi yang baik dan rutin dengan mitra bisnis. Cara ini untuk memantau sekaligus menghindari kemungkinan bisnis melenceng dari perjanjian semula. Hindari intensitas terlalu sering dan dominan dalam menghubungi pihak mitra. Beri kesempatan mereka untuk memberikan laporan kepada Anda dengan sendirinya. Kondisi tersebut akan menciptakan jalinan komunikasi dua arah.

5. Penerapan peran antar pebisnis

Kerjasama yang dibangun antar pebisnis harus saling mengerti dan memahami tanpa adanya tuntutan tertentu. Artinya, maksimalkan power yang dimiliki masing-masing pasangan mitra bisnis. Sadar dan laksanakan peran sesuai kesepakatan yang telah terbentuk. Kekuatan, keterampilan dan pengalaman tiap perusahaan mitra dapat membuat bisnis berkembang bila disatukan. Genggam erat tangan mitra dalam ikatan kerjasama bisnis yang saling menguntungkan.