7 Hal Yang Dapat Membangun Loyalitas Pelanggan

7 Hal Yang Dapat Membangun Loyalitas PelangganTIPSWIRAUSAHA.COM – Loyalitas pelanggan merupakan unsur yang paling mendasar bagi keberlangsungan bisnis Anda. Bangunlah rasa nyaman dan aman para pelanggan dengan kualitas produk serta pelayanan. Hadirkan produk yang memiliki kualitas prima. Pelayanan yang ramah juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Berikut 7 hal yang dapat membangun loyalitas pelanggan di bisnis online Anda.

  1. Kelangkapan informasi produk

Sajikan informasi secara lengkap dan detail perihal produk yang Anda jual. Unggah gambar atau video terkait dengan produk tersebut. Kemas dengan menarik dan mudah dipahami oleh pelanggan. Hindari terlalu banyak kata karena dapat menimbulkan kebosanan saat membacanya. Gambar/video lebih efektif untuk menjelaskan mengenai bentuk fisik produk Anda. Sertakan keterangan terperinci tentang ukuran, warna, jenis bahan dan kegunaan produk. Hipnotis mata pelanggan agar berlama-lama melihat produk itu hingga memutuskan untuk membelinya.

  1. Berikan fasilitas garansi

Garansi merupakan jaminan ganti rugi yang Anda berikan kepada pelanggan jika produk tidak sesuai dengan pesanan. Banyaknya order mungkin membuat Anda lalai dan menyebabkan produk tertukar dengan pelanggan lain. Redam kekecewaannya dengan cara mengirim ulang produk sesuai yang dipesan. Tentu Anda harus meminta bukti kepada mereka sebelum mengirim produk tersebut.

  1. Pelayanan tanggap (cepat dan tepat)

Pasar online memang memberikan kelonggaran waktu, yakni aktif selama 24 jam. Bagi Anda yang sibuk bekerja sampai larut malam, manfaatkanlah situs belanja online. Ini merupakan peluang yang harus segera ditangkap oleh pebisnis. Aktifkan  layanan pemesanan produk selama 24 jam penuh. Balas email atau chatt pelanggan dengan cepat. Faktor ketepatan menjawab pertanyaan yang diajukan menjadi hal mutlak. Sebab akan mempengaruhi berapa banyak produk yang akan dipesan.

  1. Sertakan testimonial

Testimonial ialah komentar positif dari pelanggan terhadap produk Anda. Bangun loyalitas dengan cara mengunggah komentar mereka pada situs online. Ini juga merupakan sarana promosi yang dapat meingkatkan keperyaan calon pelanggan.

Semakin banyak testimonial menandakan bahwa produk Anda yang terjual kian meningkat.

  1. Kumpulkan data diri pelanggan

Data diri pelanggan wajib Anda miliki pada saat mereka memesan produk. Minimal,   formulir berisi nama, alamat dan nomor ponsel. Cara ini memudahkan Anda untuk mengontrol produk apakah sudah diterima atau belum oleh pelanggan. Selain itu, Anda juga terhindar dari penipuan. Bila perlu, mintalah scan ktp pelanggan agar keamanan makin terjaga.

  1. Harga spesial di momen tertentu

Bangun loyalitas pelanggan dengan gebrakan harga spesial. Manfaatkanlah momen tertentu untuk even ini, misalnya lebaran, natal dan tahun baru. Potongan harga akan menambah minat pelanggan untuk membeli produk Anda dalam jumlah banyak. Keuntungan Anda semakin besar dengan meningkatnya jumlah produk yang terjual di waktu yang singkat.

  1. Bonus bagi pelanggan setia

Bonus ini berlaku bagi pelanggan yang telah setia terhadap produk Anda. Beragam cara dapat dilakukan, misalnya bonus 1 produk per 10 pack pembelian. Bisa juga dengan layanan bebas ongkos kirim khusus untuk pembelian produk di atas 25 pack. Otak-atik pemberian bonus kepada pelanggan setia agar menjadi magnet bagi pelanggan yang lain.