Cara Jitu Memasarkan Baju Melalui Instagram

TIPSWIRAUSAHA.COM – Perkembangan dunia maya yang begitu pesat berdampak baik bagi para pebisnis. Tak jarang mereka justru beralih ke toko online ketimbang menekuni bisnis offlinenya. Beragam keuntungan yang ditawarkan merupakan alasan peralihan bebisnis tersebut. Hal pertama dan utama yang menjadi pertimbangan yakni dari segi penghematan pengeluaran. Lapak online tidak dikenakan uang sewa dan pajak. Sarana promosi pun bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.

Baju ialah kebutuhan pokok bagi saya, Anda dan semua masyarakat lainnya. Bisnis toko baju online dapat dikembangkan melalui media sosial. Jenis media sosial bisa Anda pilih sesuai keinginan, diantaranya facebook, twetter, instagram, google+ dan lain sebagainya. Tahukah Anda satu jenis diantara beragam pilihan paling ampuh sebagai sarana promosi. Media sosial itu ialah instagram, berikut cara jitu memasarkan baju disana.

  1. Nama akun

Pastikan nama akun instagram Anda singkat, unik dan mudah diingat. Hal ini menyangkut proses pencarian para konsumen ketika hendak membeli baju. Sumber pemilihannya bisa dari nama asli Anda, tambahkan usia atau kota domisili agar dapat dibedakan dengan akun lain yang mungkin sama. Menariknya nama akun instagram Anda merupakan daya tarik tersendiri bagi pengguna media sosial sejenis. Hindari kemiripan nama dengan toko terkenal yang sudah ada untuk menghindari tuduhan penjiplakan brand.

  1. Tampilan awal

Konsumen telah berhasil masuk pada akun instagram Anda, sambut dengan tampilan yang menarik. Tata letak dan pemilihan kata menjadi faktor utama. Ingat, ciri instagram yakni mengunggulkan media sosial dari segi gambar. Hindari paparan kata yang terlalu panjang agar tidak menimbulkan kebosanan. Rasa jenuh pada konsumen berakibat fatal, yakni hengkangnya dari akun instagram Anda. Jangan biarkan konsumen menutup akun sebelum melakukan pemesanan baju.

  1. Gambar baju

Kualitas gambar merupakan awal dari keberhasilan promosi yang Anda lakukan. Sajikan gambar baju dari berbagai sudut pandangan, mulai dari depan, belakang dan samping. Perbesar unsur detail baju tersebut, misalnya motif kancing dan aksesoris yang menempel lainnya. Tambahkan keterangan disekeliling gambar, diantaranya ukuran, warna, model dan bahan yang digunakan. Tuliskan sedetail mungkin agar konsumen seperti melihatnya secara langsung.

  1. Cara pemesanan

Kemas langkah-langkah pemesanan baju dalam cara yang praktis. Banyaknya formulir yang Anda syaratkan sebagai bagian dari pemesanan mengakibatkan minat konsumen untuk membeli baju menjadi berkurang. Data diri pribadi sudah merupakan bukti yang kuat untuk menghidari penipuan. Isi dari formulir data diri itu ialah nama, tanggal lahir, alamat, nomor ponsel dan nomor rekening. Pelacakan tindak kriminal dapat Anda lakukan dengan data tersebut.

  1. Pelayanan ekstra

Kompetitor di instagram yang sudah menjamur menuntut Anda harus berpikir kreatif mencari celah. Buat toko baju Anda diminati banyak pelanggan dengan pelayanan ekstra. Mungkin model baju yang Anda tawarkan bisa diperoleh di toko sejenis lainnya. Tarik perhatian konsumen menggunakan layanan khusus yang hanya dimiliki oleh akun instagram Anda saja. Jasa antar gratis dalam kota bisa Anda coba, perhatikan kecepatan sampainya baju pesanan ke tangan pelanggan.