Cara Terbaik Memasarkan Warung Makan Baru

Cara Terbaik Memasarkan Warung Makan BaruTIPSWIRAUSAHA.COM – Terdapat jenis bisnis yang tidak ada matinya sepanjang massa. Hal ini disebabkan karena produk dari bisnis itu selalu menjadi kebutuhan masyarakat. Apabila pemenuhannya mengalami kendala, maka berdampak buruk bagi keberlangsungan hidup mereka. Ketiga bisnis yang dimaksud ialah kuliner, fashion dan barang-barang elektronik. Dilihat dari segi modal, kuliner relatif lebih rendah dibanding 2 bisnis lainnya. Berikut cara terbaik memasarkan warung makan baru.

  1. Nama warung makan

Pikirkan nama warung makan Anda sebelum resmi dipromosikan dan dibuka. Pilih nama yang unik dan mudah diingat agar terkesan kepada setiap orang yang melihatnya. Bisa juga Anda gunakan nama Anda penamaan warung makan tersebut. Tambahkan sapaan yang agak antik supaya lebih menarik. contohnya Yu, Bang, Mbok dan lainnya. Jadi misalnya nama Anda Iyem, warung makan bisa berlabel Warung Makan Mbok Iyem.

  1. Strategi promosi

Promosi yang terkonsep akan mengundang ketertarikan calon konsumen. Sebar brosur pada tempat yang ramai dikunjungi, misalnya alun-alun kota, taman dan pelataran pusat perbelanjaan. Bagikan selebaran tersebut ke setiap orang yang datang. Cara lain juga dapat Anda gunakan, yakni melaui media sosial. Buatlah desain yang sama dengan brosur agar pengguna media sosial tahu bahwa warung makan itu milik Anda.

  1. Menu makanan

Banyak pilihan menu yang dapat Anda sajikan. Pastikan menu di warung Anda berbeda dengan kompetitor atau pesaing bisnis lainnya. Perbedaan bisa dari segi rasa, nama dan harga. Pertahankan bumbu khas suatu masakan, percantik saja tampilannya. Buat konsumen penasaran dengan platting spektakuler kreasi Anda. terkait nama, jelas yang dimaksud ialah nama antik dan unik. Contohnya, nasi goreng ala Mbok Iyem spesial tanpa telur. Cirikan warung Anda secara khusus agar konsumen tertarik.

  1. Pelayanan warung

Aspek penting yang harus ada di dalam bisnis kuliner selain rasa yakni pelayanan prima. Keberhasilan promosi Anda akan mendatangkan konsumen dalam jumlah banyak di waktu yang bersamaan. Ingat, konsumen ialah raja yang wajib Anda layani. Hindari membuat antrian panjang sehingga membuat mereka menunggu. Kebosanan dan terbuangnya waktu konsumen karena menunggu dapat menurunkan minat untuk memesan makanan.

  1. Potongan harga

Harga miring atau yang lebih akrab disebut diskon merupakan satu diantara alasan konsumen kembali lagi ke warung Anda. berikan potongan harga bagi konsumen yang melakukan pembelian di atas nominal tertentu. Misalnya diskon 10% setiap pemebelian makanan di atas 100 ribu dan berlaku kelipatannya. Cara lain bisa dalam bentuk kupon atau menu gratis.

  1. Kotak kritik dan saran

Penting bagi Anda meminta masukan kepada konsumen untuk menilai rasa makanan dan pelayanan warung. Anda dapat melakukan perbaikan terhadap kekurangan dan mempertahankan keunggulan warung makanan tersebut. Secara tidak langsung, inilah peran konsumen yang turut andil bagi kemajuan warung makan milik Anda.