Rahasia Membuat Pelanggan Merekomendasikan Produk Anda

Rahasia Membuat Pelanggan Merekomendasikan Produk AndaTIPSWIRAUSAHA.COM – Pelanggan merupakan parameter yang sangat akurat untuk menilai kesuksesan bisnis Anda. Perkembangan dan kemajuan bisnis ditentukan dari banyaknya pelanggan. Semakin banyak pelanggan, produksi terpacu dan pastinya menghasilkan laba yang maksimal. Perankan pelanggan sekaligus menjadi rantai promosi bisnis yang kuat dan panjang. Berikut rahasia membuat pelanggan merekomendasikan bisnis Anda.

  1. Tingkatkan kepercayaan

Pasang surut pelanggan menandakan bahwa bisnis Anda belum stabil. Usahakan jumlah pelanggan tidak mengalami penurunan dan berbalik merangkak naik. Jaga dan tingkatkan kepercayaan pelanggan dengan perbaikan kulitas produk dan pelayanan Anda. Serap pelanggan baru dan pertahankan pelanggan lama demi kemajuan bisnis. Mitra kerja yang baik salah satunya ialah pelanggan itu sendiri. Keloyalitasan mereka membuat produk Anda direkomendasikan ke semua orang.

  1. Status pelanggan setia

Pelanggan setia ialah seseorang yang telah memanfaatkan produk Anda dalam jangka waktu lama. Kata setia menandakan kenyamanan dan keamanannya menggunakan produk yang Anda sediakan. Promosi secara tidak sadar pasti telah mereka lakukan dengan bercerita kepada kerabat terkait keunggulan produk Anda. Inilah perannya sebagai promotor, yakni merekomendasikan melalui mulut ke mulut. Jumlah orang yang mendapat informasi dari cerita tersebut merupakan jumlah calon pelanggan baru Anda.

  1. Libatkan dalam bisnis

Pelanggan akan lebih merasa dihargai bila terlibat langsung dalam bisnis Anda. Cara paling mudah yakni memberikan komisi bagi siapa yang berhasil menggandeng pelanggan baru. Kupon gratis produk Anda misalnya, inilah yang dinamakan strategi promosi. Catatan yang harus digaris bawahi ialah jangan berikan penghargaan berupa uang. Kondisinya berbeda jika memang bisnis tergolong MLM atau sejenisnya. Ingat, pelanggan hanya membantu merekondasikan bukan pekerja.

  1. Jaga hubungan kekerabatan

Hubungan baik dengan pelanggan menjadi aspek tersendiri. Bila bertemu secara tidak sengaja di jalan atau tempat lainnya, bertegur sapalah. Sikap tersebut menjauhkan Anda dari pebisnis yang hanya peduli terhadap keuntungan finansial saja. Sebenarnya, laba bisnis tidak sebatas banyaknya uang yang dihasilkan. Mungkin saja mitra bisnis Anda selanjutnya ialah salah satu diantara banyak pelanggan. Tetap jalin hubungan baik walaupun mereka hanya sesekali membeli produk Anda.

  1. Berikan penghargaan khusus

Penghargaan khusus yang dimaksud dapat berupa bingkisan atau bentuk lainnya. Manfaatkan momen-momen tertentu untuk mengirimkan pernghargaan kepada pelanggan. Tuliskan ucapan terimakasih Anda atas kesediaannya merekomendasikan produk secara sukarela. Pastikan momen yang Anda pilih tepat agar tidak menimbulkan salah faham. Jika memungkinkan, antar sendiri bingkisan tersebut. Tutup kunjungan Anda dengan terimakasih dan pernyataan bahwa Anda masih menunggu kedatangannya kembali.

Rekomendasi hadir atas dasar kepuasan pelanggan terhadap produk keluaran bisnis Anda. Utamakan kualitas produk dan pelayanan prima agar pelanggan merasa puas. Aliran rekomendasi kepada pihak lain akan otomatis terjadi seiring rasa puas yang sesnantiasa ada dalam diri pelanggan.