Cara Tepat Ketahui Keinginan Pelanggan Anda

Cara Tepat Ketahui Keinginan Pelanggan AndaTIPSWIRAUSAHA.COM – Sebuah bisnis dapat berkembang pesat jika produk yang dihasilkan sesuai keinginan pelanggan. Penggodogan ide hingga berhasil menciptakan suatu produk harus tetap di uji cobakan ke lapangan. Hal ini guna memprediksi seberapa besar minat pelanggan terhadap produk tersebut. Jika responnya ternyata rendah, maka segeralah melakukan perbaikkan produk. Sebaliknya, bila sambutan pelanggan hangat, pertahankan kualitasnya. Berikut cara tepat ketahui keinginan pelanggan.

  1. Sediakan wadah penampung opini

Opini pelanggan merupakan masukan yang wajib Anda tampung. Pandanglah semua masukan dari sisi positif, baik saran ata pun kritik. Saran mewakili rasa puas mereka terhadap produk Anda. Gunakanlah itu sebagai motivasi untuk terus memajukan bisnis. Kritikan juga harus dipertimbangkan karena inilah kekurangan produk yang dirasakan pelanggan. Catat poin-poin pentingnya dan mulailah melakukan perbaikan guna mewujudkan keinginan mereka.

Jika bisnis Anda offline, sediakan kotak saran dan kritik yang di tempatkan di dekat meja kasir. Sembari menunggu proses pembayaran, mereka dapat mengisi kotak tersebut. Beda halnya bila Anda bergerak pada bisnis online, wadah opini pelanggan dapat dilakukan via chatt atau email. Pastikan Anda memiliki data diri dan nomor ponsel pelanggan serta gunakan untuk merespon balik. Caranya yakni dengan mengucapkan terimakasih atas kesediakannya berpartisipasi dalam memberi masukan produk.

  1. Peran ganda tim marketing

Tugas marketing atau tenaga pemasar ialah mengenalkan produk kepada calon pelanggan. Interaksi dengan pelanggan lebih aktif dilakukan tim ini daripada tim lainnya. Manfaatkanlah momen berharga tersebut dengan wawancara singkat untuk mengetahui keinginan pelanggan. Anda dapat mempromosikan  produk dan mengetahui apa saja yang diinginkan pelanggan dalam waktu yang bersamaan. Cara ini ialah bentuk penghematan dari segi dana transportasi pekerja, waktu dan tenaga.

  1. Diskusikan masukan pelanggan dengan tim

Hasil dari wadah penampung opini dan catatan tenaga pemasar terkait keinginan pelanggan dapat Anda tuliskan secara terperinci. Paparkan di depan forum guna menemukan solusi atas keinginan mereka. Dibutuhkan kerjasama tim yang solid agar tercapai hasil sesuai keinginan pelanggan. Jangan melakukan perombakan total terhadap produk Anda sebelumnya. Hal ini berarti Anda melakukan pembaharuan produk, bukan perbaikan. Tambahkan unsur yang kurang saja dan pertahankan keunggulan produk sebelumnya.

  1. Peluncuran produk sesuai keinginan pelanggan

Produk baru Anda yang merupakan hasil perbaikan perlu diperkenalkan kembali kepada pelanggan. Jelaskan kepada mereka bahwa perusahaan Anda telah melakukan penyegaran produk. Ini ialah kabar gembira dan menandakan jika perusahaan Anda mau dan mampu mewujudkan keinginannya. Buatlah gebrakan promosi yang menarik perhatian banyak pasang mata. Selain mempertahankan pelanggan lama, cara ini juga dapat Anda gunakan untuk menggaet pelanggan baru. Produk yang sesuai keinginan pelanggan terus bertahan meski diserang ribuan kompetitor.