Keunggulan Membuat Bisnis Anda lebih Spesifik

Keunggulan Membuat Bisnis Anda lebih SpesifikTIPSWIRAUSAHA.COM – Spesifik bermakna khusus atau mengerucut pada model tertentu. Produk bisnis yang memilih mengambil model semacam ini berarti merintis usahanya dari nol. Ide yang dihasilkan bisa bersumber dari pemikiran pebisnis murni atau melalui ATM. Singkatan dari kata ATM ialah Amati Tiru Modifikasi. Inovasi yang tercipta inilah dinamakan sebagai produk baru hasil kreatif sang pebisnis.

Produk yang tidak melewati tahapan modifikasi berarti praktek sebuat penjiplakan hak karya. Tindakan ini termasuk jenis kriminal yang dapat kenakan sanksi tegas berupa hukum pidana atau perdata. Keunggulan yang dapat Anda nikamti ketika membuat bisnis lebih spesifik yaitu:

  1. Produk harus memegang karakter yang sangat kuat

Produk baru temuan Anda harus berbeda dan memiliki karakter yang sangat kuat. Tonjolkan keunikan yang Anda miliki untuk menarik hati pelanggan. Rahasiakan proses penciptaan produk agar tidak mudah ditiru oleh kompetitor. Contoh yang telah sukses di bidang kuliner yaitu mie ayam goreng dan iga bakar. Mie ayam yang lazim disajikan dengan kuah, kini hadir tanpa air sedikitpun. Sebaliknya, pengolahan iga yang selama ini Anda kenal pasti berupa sup. Menu iga bakar yang tak biasa faktanya juga laris manis di pasaran.

Kunci sukses perwujudan produk baru berkarakter ialah jangan takut dan ragu saat melakukan eksperimen. Tuangkan semua imajinasi Anda dan praktekkan secara nyata. Sebelum akhirnya diperkenalkan kepada masyakat, sebaiknya uji cobakan terlebih dahulu. Terkait bidang kuliner misalnya, tunjuk beberapa orang untuk menilai hasil masakan Anda. Berikan kepada mereka tentang penilaian terhadap rasa dan penampilan makanan. Bila perlu, serap pendapatnya dengan menyediakan kolom kritik dan saran.

  1. Kompetitor sulit menyaingi bisnis Anda

Semakin tinggi bendera bisnis Anda berkibar, jelas pebisnis yang berjalan di bekas tapak kaki kian meningkat. Alasan klasiknya tentu ingin merasakan kesuksesan seperti yang Anda alami saat ini. Spesifikasi produk di bisnis Anda menajadi teka-teki yang membuat kompetitor pusing. Mereka berusaha keras meniru produk yang Anda keluarkan. Waktu yang mereka pakai untuk proses penyamaan produk dapat digunakan untuk melebarkan sayap bisnis Anda. Buatlah konsumen jatuh hati kepada produk Anda sehingga setia memanfaatkannya di setiap waktu.

  1. Kemudahan menjaring masyarakat sebagai pelanggan

Kecenderungan masyarakat terhadap kreasi produk baru nan unik pasti lebih tinggi. Berawal karena penasaran dan ingin menjajal produk tersebut. Biarkan asumsi masyarakat demikian selama proses pengenalan produk. Setelah berhasil menjaring banyak pelanggan. Tingkatkan kualitas produk dan pelayanan agar pelanggan tetap mencari produk Anda berdasarkan kebutuhan, bukan karena penasaran lagi. Tentukan jangka waktu tertentu untuk melakukan inovasi kembali terhadap produk Anda. hal ini untuk mencegah kejenuhan pelanggan atas usia produk.

Hadirkan produk yang spesifik agar kompetitor sulit meniru dan memodifikasinya. Jadilah pebisnis yang melangkah ringan tanpa persaingan ketat oleh pebisnis lain. Tetaplah bekerja keras tanpa pesaing dan utamakan kepuasan pelanggan.