4 Kiat Sukses Berbisnis Ala Dahlan Iskan

4 Kiat Sukses Berbisnis Ala Dahlan IskanTIPSWIRAUSAHA.COM – Kesukesan yang kini telah digenggam pejabat dan pebisnis Dahlan Iskan tidak serta merta hadir secara instan. Butuh ketelatenan, keuletan dan kesabaran dalam mewujudkan sukses tersebut. Telaten untuk menekuni bisnis yang telah digeluti tanpa ada pikiran mundur atau beralih ke bidang yang lain. Ulet mencari celah agar dapat bertahan di tengah hiruk pikuk perekonomian negara. Sabar menanti bisnis menjadi yang terdepan dan ternama dikancah global. Ikuti jejak kesuksesan Dahlan Iskan dengan 4 kiat bisnis berikut.

  1. Lebih cepat melangkah

Dahlan Iskan berpendapat bahwa usia siap untuk melangkah memasuki dunia bisnis ialah 25 tahun. Hal ini karena usia muda merupakan masa dimana mereka bebas berkreasi. Pikiran kreatif yang dihasilkan selanjutnya dapat dikembangkan secara riil dibidang bisnis yang dijalankan. Kegagalan berbisnis itu unsur yang wajar, ambil sisi postifnya saja. Pribadi yang matang akan terbentuk dari pengalaman-pengalaman yang pernah dilalui. Anda dapat memilah-milah aspek yang baik untuk diterapkan untuk kemajuan bisnis.

  1. Tunjuk satu bidang bisnis

Sukses di satu bidang bisnis lebih baik daripada memiliki banyak usaha tetapi tidak ada satu pun yang mencapai target. Tekuni bidang yang sesuai dengan bakat dan minat yang Anda miliki. Jangan merasa cepat puas atas hasil yang telah Anda peroleh. Bisa jadi kesuksesan tersebut hanya sementara dan dapat menurun dalam waktu yang tidak ditentukan. Anda boleh menjajal bisnis di bidang lain dengan catatan satu bisnis telah berhasil berada di kejayaan di waktu yang relatif lama. Pergantian massa akan menunjukkan seberapa kuat bisnis Anda bertahan.

  1. Tanamkan sikap pebisnis sejati

Pebisnis sejati harus memiliki sikap kerja keras dan pantang menyerah. Optimisme mutlak ada pada jiwa pebisnis sejak awal perintisan perusahaan. Keyakinan atas kerja keras yang selama ini dilakukan dapat membuahkan hasil semanis rencana sebelumnya. Jika terjadi hambatan, terus berusahalah untuk menemukan solusinya. Kepiawaian Anda mengatasi kendala yang menghadang, berdampingan dengan peningkatan bisnis ke anak tangga menuju pintu kejayaan.

  1. Hadapi dan selesaikan kendala

Mustahil bila Anda berhasil sukses tanpa kendala sedikitpun. Jika ada faktor yang menyebabkan bisnis jalan ditempat atau bahkan mundur, cari tahu sebabnya. Teliti alur dari hulu menuju hilir hingga ke titik pangkal persoalan. Diskusikan dengan tim untuk menyusun strategi guna menyelesaikan kendala tersebut. Matangkankan rencana Anda sebelum penerapan di lapangan. Hindari solusi yang justru beruntung ke persoalan lainnya. Hal ini bisa terjadi karena Anda gegabah dalam mengambil keputusan.

Jadikan kiat sukses ala Dahlan Iskan untuk mengibarkan bendera bisnis Anda. Jaga agar tetap berkibar meski angin kencang kerap menerpa. Kokohkan tiang menggunakan kekompakan tim serta pengelolaan sistem dan manajemen perusahaan yang bijak.