4 Hal Penting Saat Memanfaatkan Peluang Usaha Sampingan  

4 Hal Penting Saat Memanfaatkan Peluang Usaha Sampingan   TIPSWIRAUSAHA.COM – Banyaknya kebutuhan hidup yang wajib dipenuhi menuntut Anda untuk dapat mencari tambahan penghasilan finansial. Gaji sebagai karyawan di sebuah perusahaan tempat Anda bekerja belum mampu menutup seluruh pengeluaran. Hutang tentu bukan solusi yang tepat karena menimbulkan masalah baru dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Pengembalian dana pinjaman menjadi beban tersendiri yang justru memberatkan Anda. mulailah membuka usaha sampingan untuk menambah rupiah dengan memperhatikan 4 hal penting berikut.

  1. Lokasi

Tempat strategis yang mudah dijangkau masayarakat merupakan poin penting yang harus Anda penuhi. Pilih lokasi yang berjarak dekat dari rumah atau perusahaan, ini ialah cara untuk mengestismasi waktu perjalanan Anda. Jika berdekatan dengan kantor, maka sepulang kerja Anda langsung bisa membuka usaha sampingan. Hal tersebut berlaku bila jaraknya lebih dekat ke rumah, jadi searah jalur pulang. Berhematlah untuk tidak menyewa pekerja untuk menjalankan usaha sampingan ini. Apabila telah berkembang, baru mempekerjakan beberapa kerabat atau tetangga.

  1. Jenis usaha

Tentukan pilihan jenis usaha berdasarkan kemampuan Anda karena proses pengerjaan menjadi lebih cepat. Misalnya Anda hobi memasak, maka buakalah warung makan sederhana. Selain pemilik, Anda sekaligus merangkap sebagai juru masak. Trik ini ialah strategi untuk meminimalisir dana pengeluaran pembayaran pekerja. Jika pekerjaan Anda di kantor terlalu banyak, buatlah aneka jajanan frezer yang tahan lama. Sembari bekerja, jajakan produk usaha sampingan Anda kepada rekan di kantor. Ingat, jangan mengesampingkan tugas utama Anda sebagai karyawan perusahaan itu.

  1. Alokasi dana

Anggaran dana menentukan skala usaha sampingan yang akan dirintis. Minimalisir pengeluaran dengan cara memproduksi barang/jasa secukupnya saja. Lihat sejauh mana respon masyarakat terhadap produk baru tersebut. Tingkatkan bila antuiasme masyarakat bagus dan perbaiki produk bila ternyata belum diminati banyak konsumen. Gencarkan promosi di awal pembukaan usaha sampingan, pikat perhatian konsumen dengan kualitas prima yang Anda berikan. Kalahkan kompetitor dan bersainglah menggunakan cara sehat.

  1. Pangsa pasar

Kalangan konsumen menjadi penentu berkembang atau tidaknya bisnis, meski hanya sampingan, bukan berarti Anda hanya memberikan porsi perhatian yang minim. Tidak menutup kemungkinan bahwa di masa yang akan datang usaha sampingan tersebut menjadi utama. Usia membatasi karir Anda di perusahaan tetapi tidak berlaku pada wirausaha semacan ini. Bidik pangsa pasar bersamaan dengan saat penentuan konsep dan lokasi usaha. Bidang kuliner misalnya dalam bentuk warung makan sederhana tadi, wilayah kampus dan kos-kosan ialah tempat yang cocok.

Sesuaikan harga produk dengan sasaran konsumen Anda. Harga ekonomis tetapi mengenyangkan merupakan prinsip anak kampus. Mereka umumnya merantau jadi harus hidup hemat akrena jauh dari orang tua. Walaupun warung Anda berlabel sederhana, tetap jaga kualitas rasa, kebersihan dan pelayanan yang prima.