Strategi Mengatasi Omset Usaha Warnet Yang Menurun

Strategi Mengatasi Omset Usaha Warnet Yang Menurun

TIPSWIRAUSAHA.COM – Bisnis warnet memang sangat menguntungkan, dengan catatan selalu ramai pengunjung. Penurunan omset disebabkan oleh ketidakseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan. Biaya listrik yang terhubung ke PC akan terus mengalir, ditambah lagi dengan dana untuk koneksi ke internet. Jika tidak ada orang yang berkunjung, kerugian pasti dialami pengusaha warnet karena terus mengeluarkan dana. Strategi berikut dapat mejadikan usaha warnet Anda kembali dikunjungi pelanggan dan omset pun kian melejit.

1. Ciptakan suasana aman dan nyaman

Masing-masing pengunjung warnet memiliki kebutuhan yang berbeda dalam kegiatan penjelajahan dunia mayanya. Ada yang menggunakan internet untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas sekolah dan bahkan hanya sekedar bermain game online. Apa pun itu, semua pasti menginginkan suasana yang nyaman. Utamakan privasi pengunjung dengan mendesain tiap bilik sedemikian rupa sehingga keamanan ketika browsing terjaga.

2. Pastikan operator ahli dibidang IT

Tugas seorang operator tidak hanya sekedar menjaga warnet tetapi juga harus bisa menyelesaikan masalah yang dikeluhkan pengunjung. Ilmu dalam bidang IT wajib dimiliki, minimal secara garis besarnya saja. Jika ada pengunjung yang mengalami kendala terkait jaringan atau PC nya, maka operatorlah yang mengambil peran. Memakai jasa teknisi memang bisa dilakukan namun memerlukan tambahan waktu dan biaya.

3. Kecepatan internet terjamin

Jaringan prima dan bebas hambatan ialah poin penting menangkal penurunan omset warnet. Internet berjalan lancar, maka kegiatan yang dilakukan dapat terselesaikan lebih cepat. Hal ini secara otomatis meningkatkan keuntungan finansial karena pergantian pengunjung semakin intens. Kuncinya terdapat pada ketepatan pemilihan alat penyalur jaringan internet dengan lokasi. Pilih jaringan internet yang tahan terhadap pergantian cuaca, Musim hujan biasanya berpengaruh terhadap aliran sinyal.

4. PC memiliki spesifikasi tinggi

Kecepatan data internet harus diimbangi dengan spesifikasi tinggi pada personal computer yang dipakai. Sebab jika tidak, komputer akan mengalami hang kareana tidak mampu menerima kapasitas yang terlalu tinggi. Komputer dan jaringan harus berkoaborasi dengan apik agar tercipta hasil yang maksimal. Terkadang pengunjung tidak hanya mencari informasi di internet tetapi juga sekaligus mengerjakannya.

Fasilitasi komputer dengan aplikasi microsoft office, berupa words, excel dan power point. Pengunjung dari kalangan peajar pasti membutuhkan ketiga aplikasi tersebut. Kemajuan jaman membuat budaya siswa dan guru mengalami perubahan, yakni serba digital. Lengkapi warnet Anda, sediakan printer untuk mencetak berkas yang tekah rampung digarap. Ingat, ini merupakan tambahan penghasilan dan tetap utamakan kualitas warnet.

5. Sediakan minuman dan makanan ringan

Kejenuhan menatap layar monitor dapat dihilangkan dengan cara menyantap makanan ringan dan minuman. Pengunjung tidak perlu repot keluar warnet karena telah Anda sediakan. Satu lokasi bisa meraup rupiah berlebih dari tamhahan pendapatan penjualan makanan. Omset yang tadinya menurun akan berbalik ke arah yang positif, yaitu laba maksimal.