5 Peluang Usaha di Lingkungan Sekolah

5 Peluang Usaha di Lingkungan Sekolah

TIPSWIRAUSAHA.COM – Memiliki rumah di lingkungan ramai tidak selamanya buruk. Mungkin anda akan merasakan bising setiap harinya, namun bagi anda yang berjiwa bisnis pasti melihat ini sebagai sebuah peluang yang harus dimanfaatkan. Lingkungan yang ramai bisa jadi lingkungan karyawan kerja pabrik, lingkungan kampus atau pun lingkungan sekolah.

Semua lingkungan ini akan memunculkan ide bisnis yang menguntungkan, baik yang sudah pernah ada atau anda sendiri sebagai pionernya. Jika anda ingin mencobanya, berikut ini berbagai peluang bisnis di lingkungan sekolahan.

1. Usaha Kuliner

Pernahkah anda berfikir berapa keuntungan yang diperoleh oleh pemilik kantin di sekolah atau di lingkungan dekat sekolah. Peluang bisnis ini merupakan yang paling banyak diminati. Hal ini karena keuntungan jelas terlihat dari banyaknya siswa di sekolah tersebut. Target pasarnya terfokus pada siswa di sekolah itu, tinggal ada tidaknya pesaing dan rasa makanan serta pelayanan yang anda berikan.

Meski tidak memiliki tempat sebagai warung, anda juga bisa menjualnya dengan gerobak keliling atau sepeda motor. Bersiaplah di pinggir jalan atau di samping pintu keluar saat siswa istirahat siang atau selepas pulang sekolah. Pastikan harga yang anda tawarkan sesuai dengan uang saku siswa.

2. Usaha Warnet

Bisnis warnet memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun jika anda bisa membukanya di lingkungan sekolah, pasti hasilnya akan baik. Di satu sisi siswa kebanyakan akan mendapat tugas untuk membuat makalah atau membuat tugas yang berhubungan dengan internet. Alhasil jika di rumah belum ada internet dan laptop belum ada, maka satu-satunya yang dituju adalah warnet.

3. Usaha Toko ATK dan Fotocopy

Usaha toko alat tulis dan fotocopy menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Terutama yang dilakukan di lingkungan sekolah. Meski tidak seramai di lingungan kampus yang setiap hari mahasiswa mendapatkan tugas dari dosen, membuka fotocopy di lingkungan sekolah juga cukup menjanjikan. Terlebih jika anda menyediakan berbagai kebutuhan sekolah mulai dari pulpen, penggaris, buku, dan lain sebagainya. Bahkan anda bisa membantu bapak atau ibu guru untuk memfotocopykan buku atau lembar kerja siswa dalam jumlah banyak sekaligus.

4. Usaha kost kostan

Meski tidak seramai di lingkungan kampus yang notabene hampir mayoritas mahasiswanya berasal dari luar kota, usaha kost – kostan juga cukup menjanjikan di lingkungan sekolah. Pada lingkungan sekolah tertentu, siswanya idekost. Terutama di sekolah-sekolah favorit yang memungkinkan siswa jauh dari rumah, sehingga jalan satu-satunya adalah dengan indekost.

5. Usaha Konter Pulsa

Peluang bisnis terakhir yang bisa anda buka di lingkungan sekolah adalah konter pulsa. Siswa jaman sekarang, hampir semuanya sudah memiliki handphone. Meski beberapa sekolah masih melarang siswa untuk membawa gedged, namun tetap saja banyak yang membwanya, sehingga ini menjadi peluang bisnis untuk membuka konter pulsa di lingkungan sekolah.