Tips Memulai Bisnis Pencucian Mobil

Membangun bisnis pencucian mobilDewasa ini usaha cuci mobil dan motor tengah marak kita jumpai di seluruh Indonesia. Hal ini dipicu karena semakin meningkatnya para pengguna kendaraan. Bagi sebagian besar orang yang disibukkan dengan rutinitas setiap hari, mencuci kendaraan pribadinya meruapakah salah satu hal yang cukup merepotkan karena tidak memiliki waktu luang untuk mengerjakannya. Sebagian dari mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa cuci kendaraan.

Dengan kondisi seperti itu tak heran apabila usaha ini masih memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Untuk Anda yang memutuskan untuk menekuni bisnis cuci mobil ini, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuka usaha cuci mobil:

1. Memilih Lokasi yang Tepat

Lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan dari sebuah usaha. Untuk menjalani bisnis cuci mobil ini, setiap pelaku usaha harus memilih lokasi yang strategis dan tepat. Anda dapat memilih lokasi usaha yang ramai dilalui kendaraan, salah satunya yaitu di pinggir jalan. Agar lebih dikenal oleh masyarakat, Anda harus membuat spanduk besar dan mampu menarik perhatian masyarakat.

2. Memperhatikan kenyamanan tempat usaha

Di tengah persaingan usaha yang begitu ketat saat ini, Anda meski pintar-pintar dalam mengatur tempat usaha yang senyaman mungkin untuk pelanggan Anda. Jika perlu Anda bisa menyediakan minuman atau makanan ringan kepada pelanggan Anda yang sedang menunggu kendaraannnya. Selain itu Anda juga bisa menyediakan televisi, koran, musik dan majalah agar para pelanggan Anda tidak bosan menunggu sembari mobilnya dicuci di tempat Anda.

3. Meningkatkan kualitas jasa

Setiap pelanggan akan kembali datang ke tempat usaha Anda bila kualitas jasa yang diberikan oleh usaha Anda dapat memuaskan mereka. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu bahwa hasil cuci di tempat usaha Anda memiliki kualitas yang bagus dan bersih.

4. Memberikan pelayanan yang baik

Dalam menjalankan usaha cuci mobil ini, pelayanan merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan oleh Anda. Bila pelayanan usaha Anda bagus, maka dapat dipastikan akan banyak orang yang akan kembali menggunakan jasa usaha Anda. Namun bila tidak mereka tidak akan kembali menggunakan jasa cuci di tempat usaha Anda lagi.

Oleh sebab itu pastikan Anda dan sejumlah karyawan yang bekerja di tempat Anda memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan yang datang. Terutama keramahan dan pelayanan yang baik dan cepat. Sehingga para pelanggan akan terpuaskan dengan pelayanan yang di berikan oleh usaha Anda.

Disamping itu, kejujuran juga menjadi kunci penting dalam usaha Anda, tidak sedikit orang yang mengaku kehilangan barang di mobilnya saat dicuci. Jagalah keamanan kendaraan yang dipercayakan kepada Anda. Untuk itu beritahukan kepada pelanggan Anda untuk tidak menyimpan barang berharga di dalam mobilnya.

5. Memperhatikan Air

Air menjadi media utama dalam proses cuci mobil. Perhatikan kondisi air yang akan Anda gunakan, apakah terlihat kotor atau keruh dan berpasir. Bila salah satu kriteria tadi ada pada air tersebut,maka tidak disarankan Anda untuk menggunakannya untuk mencuci mobil.

Tanpa disadari bahwa air yang keruh juga mengandung kotoran kalaupun sangat halus. Sehingga lama-kelamaan kotoran akan mengendap dan akan menumpuk di mobil pelanggan Anda. Hal ini dapat kita lihat indikasinya pada body mobil yang cenderung semakin lama semakin buram dan kusam. Hal ini bisa ditaktisi dengan menggunakan bak penampungan air yang dilengkapi dengan filter air.

6. Peralatan Mencuci

Umumnya peralatan yang banyak digunakan yaitu compressor atau steam wash. Jadi untuk memulai usaha ini sebaiknya Anda memperhatikan alat-alat yang akan digunakan untuk usaha Anda ini. Serta pilihlah peralatan yang memiliki kualitas yang bagus agar Anda tidak membuang uang hanya untuk memperbaiki alat-alat yang rusak.

Selain peralatan untuk mencuci, Anda juga disarankan menggunakan shampoo mobil dengan kualitas bagus. Shampoo mobil dengan kualitas bagus akan memudahkan pekerjaan mencuci mobil dan pemakaiannya juga irit.

Semoga apa yang kami sampaikan dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dalam membangun bisnis pencucian mobil