5 Rahasia Penting Sukses Dalam Memulai Bisnis Catering

5 Rahasia Penting Sukses Dalam Memulai Bisnis Catering

TIPSWIRAUSAHA.COM – Bidang bisnis yang memiliki umur panjang ialah kuliner. Keuntungan finansial diperoleh ketika makanan yang disediakan berhasil terjual habis. Sistem catering menjadi solusinya karena pebisnis hanya menyediakan khusus untuk pemesan. Perbanyak konsumen Anda dengan gebrakan promosi yang dapat menyedot perhatian banyak pasang mata. Temukan kunci rahasia sukses berbisnis catering bagi pemula.

  1. Alokasi dana modal

Dana modal dialokasikan untuk pengadaan peralatan dan tempat usaha. Jangan habiskan seluruhnya karena bahan baku juga harus tersedia di awal mulainya bisnis catering ini. Jika dana Anda terbatas, maka fungsikan rumah sebagai kantor untuk sementara waktu.

Pililhlah peralatan yang memiliki kualitas unggul agar tahan lama alias awet. Percuma membeli dengan harga murah tetapi mudah rusak dan butuh pembaruan. Hal ini bukan cara berhemat yang tepat melainkan pemborosan. Harga tinggi merupakan sebuah investasi jangka panjang yang pasti kembali seiring kemajuan usaha.

  1. Pilihan menu dan rasa

Keberagaman menu yang Anda tawarkan membuat konsumen leluasa dalam menentukan pilihan. Sediakan tester untuk beberapa menu andalan guna menarik hati calon pemesan. Pastikan semua menu terjamin terkait cita rasanya. Kreasikan masakan dengan menambah varian baru dan mengovasikan tampilan.

Contoh sederhana misalnya pada menu pisang coklat. Bentuk dari keunikan pikiran Anda dapat berupa mengganti coklat dengan bahan lain, misalnya strawbery, nanas dan lain sebagainya. Masalah bentuk yang umumnya lonjong, tapilkan sesuatu yang beda. Segitga, bulat dan persegi mungkin bisa Anda coba.

  1. Harga

Manajemen harga merupakan poin penting di semua lini bisnis. Tekan biaya produksi supaya harga akhir menu bisa lebih murah. Persaingan ketat dengan kompetitor menuntut Anda harus semakin jeli dalam memilih pemasok bahan baku. Pantau harga pasaran dan pilih yang memberikan penawaran terendah. Jaminkan rasa yang tetap lezat dan harga ekomonis untuk konsumen. 

  1. Lokasi bisnis

Lokasi strategis memudahkan konsumen untuk mendatangi usaha catering milik Anda. Berada di wilayah ramai dan terlewati oleh jalur angkot ialah lokasi yang tepat. Usahakan jarah dengan pasar atau pemasok bahan mentah tidak jauh. Hal ini merupakan upaya antisipasi jika ada pesanan mendadak. Anda bisa langsung berbelanja dan mengoahnya sehingga pesanan tepat waktu.

  1. Pelayanan

Jaminan soal rasa mutlak diperlukan tanpa mengabaikan pelayanan. Sambutan hangat bagi pemesan yang datang langsung ke lokasi bisnis catering wajib dilakukan. Jika konsumen memesan melalui telepon, respon secepat mungkin dan jangan terlalu lama membuatnya menunggu. Berikan fasilitas jasa antar gratis bagi pelanggan yang berada di dalam kota.

Faktor kesuksesan berbisnis catering ada tiga, yakni rasa, harga dan pelayanan. Ketiganya harus selalu berjalan beriringan untuk menciptakan kepuasan pemesan. Kemajuan usaha Anda bergantung pada seberapa banyak dan sering konsumen melakukan pemesanan.