Sukses Membuka Bisnis Kursus Mobil

TIPSWIRAUSAHA.COM – Jaman serba modern ini menuntut kita untuk hidup mandiri agar lebih mudah melakukan aktivitas sesuai kebutuhan. Kursus mobil masih menunjukkan prospek yang cerah. Strategi sukses berikut wajib Anda miliki dalam bisnis tersebut.

  1. Investasi mobil

Fasilitas yang pertama dan utama untuk memulai bisnis kursus mobil yakni aset berupa kendaraan roda empat. Modal awal pengadaan mobil dalam jumlah banyak memang tidak sedikit. Mulailah bisnis dengan 2 mobil saja, jangan lupa untuk mendaftarkannya ke lembaga asuransi. Hal ini guna mengantisipasi kemungkinan buruk yang dapat menimpa mobil Anda.

Ramainya pelanggan bisa Anda siasati dengan cara menyewa mobil di jasa rental. Pengeluaran biaya sewa akan tertutupi oleh banyaknya jumlah peserta kusrsus yang masuk. Buatlah perjanjian bisnis yang saling menguntungkan dengan pengusaha rental mobil tersebut. Pasti akan ada harga spesial untuk Anda bila bagi hasil menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Pelatih profesional

Tenaga terlatih harus Anda jaminkan kepada peserta, terkait materi dan praktek langsung di jalan raya. Simulasi dilakukan di dalam kelas membahas seputar rambu-rambu untuk megajarkan peserta tentang etika berkendara. Selanjutnya pengarah dan terjun ke lapangan bisa dimulai.

Komunikasikan menggunakan bahasa santai agar mudah dipahami tetapi tetap jaga kesopanan. Tumbuhkan rasa percaya diri peserta untuk menyingkirkan ketakutan yang menjadi sindrom penghambat. Peserta yang terlihat mahir tetap harus dalam pemantauan, jangan sampai kelalaian pelatih berujung mala petaka.

  1. Lokasi

Kriteria lokasi kursus mobil yang disarankan ialah dekat dengan jalan raya, mudah dijangkau dan memiliki lahan parkir yang luas. Peserta yang membawa kendaraan pribadi tak perlu bingung mencari penitipan motor saat mengikuti pelatihan. Jaraknya yang strategis memudahkan masyarakat untuk menemukan tempat kursus ini.

  1. Promosi

Pengenalan usaha baru Anda dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur, beriklan melalui media sosial dan surat kabar. Desain semanarik mungkin agar informasi tersampaikan secara jalas dan detail. Nomor yang Anda cantumkan pada iklan harus selalu aktif dan berikan respon sigap.

  1. Tarif

Permainan tarif kursus menjadi hak penuh pebisnis. Berani memasang tarif tinggi, berarti siap akan segala konsekuensinya. Bukan berarti Anda bisa berlaku seenaknya bila mematok tarif rendah. Normalkan harga pelatihan sebagaimana yang telah terjadi di pasaran. Pembedanya terletak pada tenaga pelatih profesional dan kondisi mobil yang selalu prima.

  1. Pelayanan

Bisnis kursus mobil menjual produk dalam bentuk jasa. Utamakan kepuasan pelanggan dengan kesabaran dan penyampaian materi yang mudah dipahami. Lengkapi pelayanan spesial berupa pembuatan SIM A setelah pelatihan selesai. Biayanya dapat Anda masukkan pada paket tertentu atau secara terpisah. Ingat, prosedur pembuatan SIM A harus sesuai dengan peraturan kepolisian. Anda hanya sebagai penyalur pembuatan Surat Ijin Mengemudi, bukan seorang “calo”.