7 Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Toko Komputer

7 Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Toko Komputer

TIPSWIRAUSAHA.COM – Pesatnya kemajuan jaringan internet berimbas baik pada pebisnis komputer. Seperangkat alat elektronik ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara pengguna dengan dunia maya. Belum ada yang mampu menandingi kualitas dan ketahanan komputer dalam hal penyimpanan data. Temukan 7 rahasia yang dapat membuat toko komputer Anda semakin laris manis.

  1. Pelajari seluk beluk komputer

Menguasai pengetahuan seputar komputer, baik itu perangkat lunak atau keras wajib Anda lakukan. Spesifikasi, merek, fungsi dan harga ialah dasar ilmu yang harus dipelajari. Selalu ikuti perubahan aplikasi komputer yang pasti mengalami perkembangan setiap saat. Pelanggan akan mencari software keluaran terbaru untuk dipasangkan pada komputer yang hendak dibelinya.

Perubahan perangkat keras juga terjadi tetapi intensitasnya lebih longgar. Terkadang, pelanggan justru mencari produk lama dengan alasan tertentu. Sediakan pilihan yang luas agar pelanggan menentukan barang sesuai keinginan mereka.

  1. Garansi

Jaminan perbaikan atas kerusakan barang yang telah dibeli disebut garansi. Waktu yang ditetapkan toko umumnya tidak lebih dari satu tahun. Pertahankan mutu produk untuk meminimalisir jumlah pelanggan yang kembali hanya untuk service gratis ini.

Sebelum melakukan perbaikan atas nama barang yang bergaransi, cek secara detail dan teliti. Pastikan barang yang rusak bukan karena kelalaian pengguna. Sebab, kesalahan pengguna bukan kewajiban Anda untuk memperbaikinya. Kenakan tarif bila ada pelanggan tetap menginginkan toko Anda yang mengatasi permasalahan komputernya.

  1. Pemilihan lokasi

Dimanapun lokasinya sebenarnya bukan masalah jika masyarakat telah mengenal toko milik Anda. Rekomendasi pelanggan yang puas akan pelayanan dan kualitas produk menjadi kuncinya. Alangkah baiknya pilih lokasi yang dekat dengan jalan raya dan disekitar keramaian, misalnya pusat perbelanjaan dan taman kota.

  1. Bercabang tetapi tetap sejalan

Cabangkan penyediakan produk, jadi tidak sebatas komputer saja. Lengkapilah toko dengan barang lain yang tetap berhubungan, seperti aksesoris komputer, tas laptop, smartphone dan gadget lainnya. Pekerjakan karyawan yang memiliki keahlian khusus dibidang elektronik guna pelayanan service pelanggan.

  1. Manajemen harga

Faktor yang dapat membuat toko Anda tetap menjadi pilihan ditengah persaingan ketat kompetitor ialah tarif yang ekonomis. Ambilah selisih harga yang rendah dari pemasok ke harga jual. Keuntungan finansial yang diperolah berasal dari banyaknya pelanggan yang menyerbu produk di toko. Pergantian persediaan barang juga menambah minat masyarakat untuk mengunjungi lapak Anda.

  1. Strategi pemasaran

Gunakan dua jalur promosi untuk mengenalkan toko komputer Anda ke khalayak luas, yakni offline dan online. Brosur, surat kabar dan pamflet ialah strategi pemasaran offline. Sedangkan promosi online bisa disebarkan melalui media sosial.

  1. Hargai pelanggan dengan pelayanan

Kualitas produk yang sangat baik tidak akan mendatangkan banyak pelanggan jika tidak diimbangi dengan pelayanan. Hargai dan hormati siapa saja yang berkunjung ke toko. Walalupun mungkin maksud kedatangan belum untuk membeli tetapi survei atau keperluan lainnya.