7 Keunggulan Pemasaran Online Yang Wajib Anda Ketahui

7 Keunggulan Pemasaran Online Yang Wajib Anda Ketahui

TIPSWIRAUSAHA.COMPesatnya kemajuan dunia digital berdampak positif pada perubahan era perdagangan. Tak lagi sesuai pakemnya, yakni transaksi yang dilakukan harus melalui tatap muka secara langsung. Kemodernan jaman membuat hidup lebih praktis dan instan. Promosi kini tidak lagi dengan cara menyebarkan brosur dan menempelkan pamflet di sepanjang jalan. Cukup satu langkah, yaitu klik maka kita dapat beriklan di banyak tempat. 7 keunggulan pemasaran menggunakan jalur online berikut tidak terdapat di pasar offline.

  1. Alokasi pengeluaran pemasaran bisa ditekan

Biaya pembuatan brosur dan pamflet mengurangi modal awal yang seharusnya dapat dipakai untuk menambah stok produk. Anda tidak perlu mengalokasikan dana tersebut ketika memilih berpromosi secara online. Tanpa nominal rupiah sepeserpun, produk Anda tetap bisa dikenal masyarakat luas.

Desain dan konsep konten menjadi kuncinya, serta ketepatan pemilihan media sosial. Karaeristik masing-masing medsos berbeda, jadi Anda harus menyesuaikannya. Sebut saja blog, isinya berupa tulisan ringan yang menjelaskan rincian detail produk. Lain halnya bila memanfaatkan instagram, lebih tonjolkan gambar dan meminimalisir tulisan. Berikan keterangan singkat dalam bentuk garis besar per poin.

  1. Sangat toleran terhadap ruang dan waktu

Toleransi yang di sediakan pasar online memberikan ruang gerak yang luas dan waktu 24 jam penuh. Catatan pentingnya yakni pahami waktu yang tepat saat mengunggah konten iklan. Jika terlalu rapat, maka pengguna akan bosan melihatnya. Kemungkinan, konten diabaikan dan keefektifan promosi menjadi berkurang. Pilih waktu dimana banyak pengguna yang sedang membuka media sosial miliknya, misalnya pada jam pulang kantor (malam hari).

  1. Bidikan pangsa pasar lebih luas

Jangkauan pasar online mencakup masyarakat global atau seluruh dunia. Kuasai konsumen domestik terlebih dahulu dan bidik warga negara luar Indonesia. Kemampuan berbahasa asing, minimal Inggris merupakan modal utama. Selalu pantau kurs dollar guna menyamakan nilai mata uang beda negara.

  1. Pembentuk rantai tenaga pemasar cepat dan tepat

Rantai tenaga pemasar yang dimaksud yaitu mitra kerja dalam alur perdagangan. Seorang agen pasti membutuhkan banyak reseller untuk melayani konsumen di berbagai kota. Persingkat waktu perekrutan dengan sistem online juga, tanpa biaya dan pertemuan langsung.

  1. Sistem dan manajemen stok produk sederhana

Stok produk yang Anda jual merupakan tanggunggjawab agen pusat. Komunikasi biasanya melalui telepon atau email. Hindari menghubungi pusat setelah stok habis, jangan buat konsumen Anda menunggu terlalu lama. Kompetitor dapat mencuri pelanggan Anda, jadi tutup rapat celah yang menyebabkan penuruna konsumen setia.

  1. Pelayanan beberapa konsumen bisa di waktu yang sama

Proses transaksi di toko online lazimnya memakai sarana chatt dan email. Membludaknya jumlah Konsumen tidak akan menghambat Anda guna memberikan pelayanan yang prima. Jawaban atas pertanyaan yang sama bisa langsung di copas dan selanjutkan dikirim ke masing-masing konsumen.

  1. Data penjualan jelas sebagai bahan evaluasi

Pengecekan terhadap unit produk yang terjual disajikan lengkap dari data konsumen. Tanggal, harga, jumlah unit dan kepada siapa produk tersebut diterima tercatat dengan jelas. Evaluasi dan penyusunan strategi berikutnya menjadi terarah sehingga prospek ke depannya dapat direncanakan.