4 Konsep Dasar Pemasaran Yang Wajib Anda Lakukan

TIPSWIRAUSAHA.COM – Tersalurkannya produk ke tangan konsumen harus melalui kosep yang telah lolos uji dan evaluasi awal. Ketatnya persaingan kompetitor menuntut pebisnis untuk selalu keratif dan inovatif dalam pengembangan konsep tersebut. Masyarakat akan tertarik terhadap keunikan dan jaminan kualitas unggul sebuah produk. Sampaikanlah dengan cara dan gaya bahasa yang mudah dipahami. Kunci pemasaran berjalan lancar ialah maksud Anda dapat diterima calon pembeli secara jelas. Kuasai dan praktekan keempat konsep dasar berikut tarkait proses pemasaran.

  1. Produk

Perencanaan yang matang di dalam dokumen business plan, tentu telah  presentasikan kepada mitra kerja. Perbaikan yang diberikan berupa kritik dan saran harus dicermati. Selanjutnya bisa Anda jadikan bahan perbaikan agar dapat menyempurnakan produk sebelum sampai ke tangan konsumen.

Pikirkan konsep produk yang berbeda guna memancing rasa penasaran masyarakat luas. Tampilan luar atau kemasan yang unik merupakan daya pikat di awal yang membutuhkan gagasan brilian. Lengkapi dengan kualitas produk di dalamnya sehingga konsumen tidak merasa kecewa karena terlanjur membelinya.

  1. Produksi

Konsep produksi bertugas untuk menyamakan asumsi masyarakat dengan pemikiran manajemen pengadaan produk. Jumlah per unit produk harus sesuai dengan permintaan pasar. Tingkatkan produksi ketika pasar sedang agresif terhadap paroduk yang Anda tawarkan. Normalkan kembali di saat minat konsumen mulai lesu.

Minimalisir stok yang tersimpan dalam jangka waktu lama di gudang. Kemungkinan kualitas produk dapat menurun sangat besar. Hal tersebut juga akan mengganggu proses produksi. Cek selalu stok yang masih ada, jangan sampai habis 0 unit karena konsumen tidak akan menunggu barang hingga jadi. Mereka cenderung beralih ke perusahaan sejenis meski produk tidak sama persis dengan keluaran Anda.

  1. Promosi

Menggaet banyak konsumen dalam waktu sesingkat mungkin, konsepkan sistem pengenalan produk. Efektif dan efisien terhadap bidikan pangsa pasar mempercepat laju kemajuan bisnis. Gunakab dua jalur sekaligus agar dapat merambah ke seluruh sektor. Cara pertama yakni tetap melalui jalur offline, berupa penyebaran brosur dan pamflet.

Kedua bisa Anda lakukan dengan strategi pemasaran online, unggah konten iklan di semua media sosial. Gabungan antara tulisan dan gambar yang menarik ialah kuncinya. Padukan warna-warna cerah yang bisa menjadi pusat perhatian pengguna.

  1. Transaksi

Jalur tarnsaksi juga perlu dipikirkan  konsepnya, apakah secara langsung atau melalui perantara pihak lain. Bertemu langsung dengan konsumen merupakan cara kuno dan klasik. Keunggulannya ialah fisik uang dapat langsung diterima dan produk yang ditransaksikan dipastikan dalam kondisi baik.

Pihak lain yang dimaksud yaitu jasa pengirim dan lembaga keuangan. Produk dikirim melalui orang lain dan biaya ditransfer. Lebih cepat memang tetapi waktu penerimaan produk lebih lama dan butuh tambahan ongkos kirim. Beban biaya kirim menjadi beban konsumen.