Profit SMS 728x90

Tips Memulai Usaha Toko Obat

Tips Memulai Usaha Toko ObatPada saat ini banyak sekali orang yang bingung untuk mencari ide untuk membuka suatu usaha atau bisnis baru, ditambah lagi jika memiliki modal yang pas-pasan.

Banyak juga orang yang mau mencoba usahanya dengan membuka bisnis dengan modal yang sangat kecil, tetapi masih bingung bahkan tidak tahu akan mencoba membuka usahanya dengan memiliki modal yang terbatas itu.

Nah, sebenarnya ada peluang bisnis yang bisa Anda jalankan dengan modal usaha yang tidak terlalu besar. Usaha atau bisnis toko obat ternyata bisa Anda jalankan dengan menggunakan modal yang pas-pasan tersebut.

Bagi anda yang akan merintis bisnis toko obat, berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai usaha toko obat dengan menggunakan modal yang pas-pasan atau bisa dibilang dengan modal yang kecil.

Lengkapi izin usaha

Tahap pertama yang harus anda lakukan dalam memulai usaha toko obat dengan modal mimim ini adalah dengan mengontak atau menghubungi lembaga kesehatan seperti departemen kesehatan yang dekat dengan tempat dimana anda akan membuka usaha tersebut.

Hal ini bermaksudkan agar Anda memperoleh ijin usaha dari lembaga tersebut dan pastinya agar toko Anda memiliki legalitas secara hukum karena barang dagangan kita nantinya memegang peranan dalam kesehatan serta kehidupan banyak orang.

Pelajari pasar

Mencari Informasi-informasi dasar mengenai pasar yang akan kita masuki, misalnya saja mengenai pelayanan serta produknya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menganalisi toko lain, dan Anda bisa mencarinya di internet. Untuk konsep penentuan harga juga bisa Anda dapatkan informasnya melalui internet.

Tentukan produk obat yang akan dijual

Setelah anda mengetahui beberapa informasi dasar, maka tentukanlah pelayanan serta produk-produk yang akan diberikan dalam bisnis toko obat ini. Anda bisa melakukan kerjasama dengan dokter untuk membuka klinik di dekat toko obat yang akan anda bangun untuk melakukan bisnis toko obat ini.

Kembangkan jaringan

Jalinlah hubungan dengan perusahaan perushaan obat lainnya karena hal ini tentu saja terkait dengan barang dagangan Anda yang berupa obat-obatan.

Berhubunganlah langsung dengan para perusahaan obat tersebut secara baik dan anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Dengan melakukan hal ini serta dengan harga di toko obat yang baru saja anda bangun nantinya bisa bersaing dengan harga di toko obat lainnya.

Kerjasama dengan berbagai pihak

Membuat kerjasama dengan berbagai pihak, sebagai contoh dengan berbagai macam situs-situs yang lalu-lintasnya padat, agen properti ataupun dengan pihak yang lainnya. Pihak-pihak ini pun bisa anda jadikan sebagai tempat promosi anda.

Permantap rencana bisnis

Buatlah rencana bisnis atau business plan secara lebih detail yang isinya bisa Anda mulai dengan dana awal Anda membuka usaha, pekerja, obat atau barang yang akan anda jual, strategi promosi, penetuan harga, distribusi barang ataupun yang lainnya. Buatlah rencana bisnis ini sedetail mungkin agar meminimalisir berbagai resiko yang bisa terjadi di masa yang akan datang.

Jika rencana bisnis Anda sudah mantap, maka langkah selanjutnya adalah:

  1. Gunakan rencana bisnis atau business plan yang sudah anda buat untuk meminjam dana atau modal lebih, sebagai contoh anda bisa meminjam dana untuk modal usaha ini ke bank. Tidak lupa juga disertai dengan surat rekomendasi dari badan tertentu misalnya departemen kesehatan yang ada di wilayah tempat usaha anda itu akan memperkuat dan mempermudah ajuan pinjaman kredit ke bank.
  2. Buatlah catatan obat-obatan dan formula yang akan anda jual dan pastikan semuanya itu lengkap beserta deskripsinya.
  3. Lakukan strategi promosi, untuk melakukan promosi ini anda bisa membuat pamphlet, brosur ataupun iklan bisa juga anda mempromosikan dari mulut ke mulut tentang toko anda yang baru saja didirikan.
  4. Pekerjakanlah orang –orang yang mengetahui secara pasti mengenai obat-obatan seperti lulusan farmasi ataupun kesehatan.
  5. Setelah semuanya sudah bisa anda lakukan dengan benar, maka toko obat anda pun sudah bisa dibuka.

Nah demikianlah beberapa tips dan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam memulai usaha toko obat. Semoga bermanfaat.

  • hasanur

    tips-tips disini cukup realistis untuk diaplikasikan secara nyata….

  • http://bahrandest bahr

    Saya ingin memulai bisnis obat….tp bgg tuk pengadaan obat yang murah…..bisa ksh petunjuk distributor obat tuk apotik or toko obat…….ma kasih.

    • TipsWirausaha.com

      Di setiap kota pasti ada distributor besar yang bisa kasih harga lebih murah. Kalau boleh tahu, Anda domisili di kota mana ya?