Berbagai Peluang Bisnis Dari Kerajinan Bambu

TIPSWIRAUSAHA.COM – Tumbuhan bambu mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Sayangnya, pemanfaatannya belum maksimal dan terkadang hanya terbuang sia-sia. Pengolahan bambu ternyata bisa menjadi produk jadi agar nilainya bertambah.

Berbagai Peluang Bisnis Dari Kerajinan Bambu

Berikut ialah macam kerajinan bambu yang dapat menghasilkan rupiah.

  1. Tusuk sate

Kuliner khas Madura yang kini dijajakan di setiap darah merupakan peluang yang menjanjikan. Buatlah tusuk sate yang pengerjaannya cepat dan instan. Pilih jenis bambu yang tahan terhadap api karena proses pembakaran berlangsung cukup lama. Pasok bahan baku berupa bambu dari pedesaan agar harga belinya rendah.

Potong-potong sesuai pesanan klien dan hilangkan serabutnya sampai bersih. Pemasarannya tidaklah sulit, diantaranya tukang sate, penyedia bahan roti dan kue serta pusat perbelanjaan. Pasang tarif yang sedikit lebih ringan untuk meningkatkan jumlah pembeli.

  1. Kerajinan tangan

Bambu dapat disulap menjadi beragam produk yang menarik, seperti lampu hias, tempat pulpen dan berbagai kerajinan tangan yang lain. Konsepkan barang agar bahan baku yang digunakan pas. Limbah produksi juga bisa Anda olah lagi dan pastinya ini akan menambah pendapatan secara finansial.

Lapisi produk yang sudah selesai dikerjakan dengan cairan yang hanya memberi efek kilat, tanpa merubah warna aslinya. Ini ialah cara untuk mempertahankan keaslian unsur alaminya. Masyarakat manca tertarik terhadap benda-benda kuno, salah satunya kerajinan bambu tersebut.  

  1. Mebel

Perabot rumah tangga dari bambu laris manis di pasaran, faktor penyebabnya ialah harga yang rendah. Harga mebel kayu lebih mahal dan bambu juga dapat berfungsi sama. Keawetan meja kursi yang terbuat dari bambu ditentukan oleh spesies tanaman, umur, kondisi, proses pengerjaan dan perawatan.

Pilih jenis bambu yang mempunyai tekstur keras dan kenampakan apik. Semakin tua umurnya, makan daya tahannya semakin tinggi. Hilangkan kadar air bambu untuk mencegah kebusukan dan kerusakan akibat perkembangan jamur. Sebelum melapisinya dengan pengkilap, dasari mebel memakai cairan anti rayap. Hewan kecil itu bisa memperpendek masa pakai perabotan Anda.

  1. Dekorasi ruangan

Arsitek bangunan beton dan kayu sudah banyak dilakoni, carilah profesi yang beda. Penerapannya hampir sama seperti kayu tetapi cenderung lebih mudah. Hal ini karena bentuk bambu sudah sangat menarik sehingga tidak perlu di rombak. Produk yang Anda jual ialah paket konsep dan penyediaan bambu.

Rumah makan dan tempat umum lainnya terkesan asri bila terbuat dari bambu. Sentuhan hijaunya tanaman dan gemericik air menambah suasana nyaman. Ada jenis bambu yang tahan terhadap air, dibuktikan dengan alat penangkap ikan yang terbuat dari bambu (bagan). Anda bisa memilihnya saat pembeli meminta konsep apung untuk bangunannya.

Empat kerajinan di atas hanyalah contoh, Anda tentu boleh mengkreasikannya menjadi bentuk lain yang lebih menarik untuk dijual. Kuncinya ialah peroleh bambu dari daerah yang peredarannya masih banyak dan belum terpakai. Selain masalah harga, tempat tersebut pasti bisa Anda jadikan reseller yang membantu bisnis supaya cepat berkembang.