Penyebab Kegagalan Bisnis Toko Komputer

Penyebab Toko Komputer GagalSudah banyak sekali yang menjelaskan tentang tips bagaimana caranya sukses untuk menjalankan peluang usaha komputer, tetapi kali ini kita tidak akan membahas hal itu, melainkan kebalikannya. Hal apa saja yang harus Anda perhatikan jika Anda menjalankan peluang usaha komputer ini.

Berikut ini adalah penyebab kegagalan dalam bisnis toko komputer:

Tidak melakukan Networking dengan dealer atau supplier

Perlebarlah networking dengan para supplier, karena dengan cara inilah Anda bisa mendapatkan special price dari para supplier dan bahkan Anda bisa menjadi master dealer untuk suatu kawasan.

Dikarenakan Anda sudah dekat dengan supplier, maka modal operasional usaha komputer Anda bisa jadi kecil karena Anda bisa membayarnya secara tempo.

Semua kualitas sparepart dan aksesoris komputer dari jenis yang sama tidak ada perbedaan, yang membedakan adalah jika Anda dapat special prize sehingga margin Anda lebih tinggi dari yang lain. Artinya peluang Anda semakin besar untuk mengembangkan usaha komputer ini.

Memilih tempat usaha sembarangan

Sangat penting sekali memiliki tempat yang strategis untuk berjualan komputer, karena dengan letak yang strategis, secara otomatis mengundang para calon konsumen untuk datang dan Anda bisa lebih menghemat biaya untuk promosi.

Toko komputer yang tidak menggunakan teknik marketing

Terlalu banyak orang yang mengambil peluang usaha komputer tetapi tidak mempelajari teknik pemasaran yang tepat. Bagaimana orang lain bisa mengenal toko Anda jika Anda tidak melakukan strategi pemasaran yang tepat.

Anda harus bisa memanfaatkan internet, iklan di koran, pameran, buletin-buletin kampus jika target pasar Anda adalah mahasiswa atau memperkerjakan beberapa sales untuk melakukan penawaran-penawaran ke perusahaan.

Pelajarilah strategi pemasaran agar peluang usaha komputer Anda ini semakin sukses.

Tidak mempersiapkan keuangan dengan baik

Kebanyakan orang yang mau membuka usaha tidak mempersiapkan perencanaan bisnis secara matang, terutama pada bagian keuangan. Sebagai contoh adalah bagaimana harusnya mengatur arus kas jika nanti ada yang retur, berapa gaji para teknisninya, berapa biaya promosinya, atau bagaimana caranya mengefisiensikan biaya operasional.

Karena hanya menjual komputer dan tidak mau berinovatif

Kebanyakan pengusaha toko komputer ini idenya sudah mentok, dan berpikiran bahwa dia hanya bisa menjualnya saja, tanpa bisa membuat sebuah komputer. Ini adalah paradigma bisnis yang salah.

Anda bisa lebih inovatif dalam peluang bisnis komputer ini, salah satu contohnya adalah dengan Anda bisa beli casing yang biasa, ganti powersupplynya dengan kualitas yang semi pertama, kemudian Anda rakit dengan processor yang harganya miring tapi memiliki kualitas yang tidak kalah dengan yang bermerk.

Tambahkan size RAM nya, hilangkan Floppydisknya untuk kurangi biaya, karena floppydisk sudah tidak digunakan lagi, lalu uji ketahanannya kemudian Anda “benchmark”. Setelah semuanya siap, maka pasang iklan yang semenarik mungkin misalnya “ paket komputer murah khusus game berat, bergaransi 1 tahun dan mendapatkan bonus mouse serta keyboard” ataupun yang lainnya.

Tidak memiliki Accounting

Inilah salah satu penyebab kegagalan dalam usaha bisnis toko komputer ini. Anda seharusnya memiliki laporan keuangan yang benar dan up to date, jika arus kas Anda hancur, maka hancurlah semua bisnis Anda.

Bagaimana mungkin bisnis Anda akan berjalan dengan lancar kalau misalnya keuangan perusahaan Anda dicampur dengan keuangan keluarga.

Maka dari itu gunakanlah jasa akuntan lepas atau Anda bisa memperkerjakannya agar bisnis Anda ini bisa berjalan dengan lancar.

##

Nah itulah beberapa penyebab kegagalan yang terjadi pada bisnis toko komputer ini, semoga bisa bermanfaat.