Meraup Untung Dari Peluang Bisnis Studio Musik

Meraup Untung Dari Peluang Bisnis Studio Musik

TIPSWIRAUSAHA.COM – Musik ialah sarana hiburan yang murah, siapa pun kalangan pasti menikmatinya dengan senang hati. Membangun studio musik salah satu alternatif guna memperoleh rupiah dari jalur musik. Berlatih atau sekedar mengisi waktu luang yang positif bisa dilakukan di sana. Pebisnis pemula disarankan mengikuti tahapan berikut agar untuk yang didapatkan maksimal.

  1. Lokasi

Lokasi yang Anda pilih harus berdekatan dengan tempat umum, seperti sekolah, taman kota dan pusat berbelanjaan. Semakin banyak orang yang melihatnya, maka peluang mereka berkunjung ke studio Anda semakin besar. Bukalah satu ruangan pada awal perintisan usaha. Setelah modal kembai, perbanyaklah dengan fasilitas yang sama.

  1. Kelengkapan peralatan

Kelengkapan dan kualitas peralatan musik menjadi penentu laris atau tidaknya studio tersebut. Pastikan semua dalam kondisi prima sebelum pengunjung memasukinya. Di sela-sela waktu pergantian tim, kontrol satu per satu alat musik, termasuk mic.

Alat yang rentan rusak ialah gitar, yakni senarnya putus atau terjadi fals karena di otak-atik oleh pemain. Sediakan perlengkapan senar agar kelancaran bisnis Anda terjamin. Kenakan biaya kepada pengunjung yang membuat alat itu rusak. Beritahukan peraturan ini di awal sehingga mereka lebib berhati-hati menggunakannya.

  1. Kenyamanan ruangan

Kenyamanan ruangan mutlak Anda berikan karena minimal pengunjung beraktivitas di sana selama satu jam. Dua hal penting yang harus ada yakni karpet peredam dan pendingin ruangan. Studio pasti kedap udara agar suara hanya dapat dinikmati orang yang berada di dalamnya saja.

Pasanglah karpet pada dinding untuk meredam suara dan di lantai agar lebih nyaman. Alas kaki sebaiknya di lepas agar ruangan selalu bersih. Letakkan AC yang jumlahnya menyesuaikan lebar ruangan. Mengingat banyaknya orang dalam satu tim, maka minimal pasanglah dua unit AC. Pastikan remot berada didekatnya agar suhu mudah disesuaikan.

  1. Persaingan harga

Pantau harga pasaran sebagai acuan penetapan biaya sewa studio musik milik Anda. Jika mau dan mampu, harga bisa sama atau bahkan lebih tinggi dengan catatat jaminan mutu yang sangat baik. Kalangan menengah ke atas tentu tak keberatan membayar mahal demi menyalurkan hobi bermusiknya. Ingat, tuntutan mereka juga harus terpenuhi yakni perbaikan sarana dan prasarana.

  1. Strategi promosi

Promosi bisa dilakukan dengan cara apaun, via media sosial, brosur dan pembuatan even. Gebrakan pengenalan studio musik akan menyedot perhatian banyak orang bila diadakan mini konser. Buatlah pengumuman terkait lokasi, waktu dan pengisi acara. Sebaiknya Anda laksanakan di pelataran parkit studio agar pengunjung tahu bahwa lokasi bisnis musik di situ.

Mintalah pembawa acara untuk selalu menyebutkan nama studio dan tarif promo bagi seratus sepuluh pengunjung pertama misalnya. Strategi untuk menambah minat mereka, paparkan informasi dalam bentuk brosur. Sebarkan di awal acara ketika pengunjung sudah ramai memadati event.