Peluang Usaha Bagi Seorang Guru Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Bagi Seorang Guru Yang Menjanjikan

TIPSWIRAUSAHA.COM – Profesi guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil dan telah berhasil memperoleh tunjangan sertifikasi, tentu patut mensyukurinya. Sebab, finansialnya dikategorikan cukup atau dengan kata lain mapan. Lain halnya guru honorer yang memiliki gaji tidak seberapa. Strategi guna menambah pemasukan bisa dilakukan melalui beberapa cara di bawah ini.

  1. Jasa les privat

Peluang usaha yang pertama ini dapat dilaksanakan sepulang sekolah atau pada hari libur. Pangsa pasarnya yakni anak didiknya di sekolah tempatnya mengajar atau yang berasal dari luar. Sangat mudah bagi seorang guru memberikan bimbingan dalam bentuk les. Semua materi sudah dikuasai dengan sangat baik.

Cukup satu sampai dua jam saja per satu anak didik tiap kali pertemuan. Semakin banyak siswa yang diajar, maka semakin besar pula pendapatan Anda. Pilihan privat karena honornya lebih mahal dan jumlah peserta didik minimum. Batasi jumlahnya agar tugas mengajar di sekolah tetap fokus sehingga keduanya berjalan beriringan.

  1. Jual produk buatan sendiri di koperasi sekolah

Setiap orang pasti memiliki keahlian di bidang lain selain profesi yang disandangnya. Salurkan hobi Anda dalam bentuk nyata dan raup untung yang menjanjikan. Misalnya Anda gemar memasak atau membuat kerajinan tangan yang lain. Buatlah beberapa sampel dan jual di koperasi milik sekolah.

Lihat seberapa bersar respon siswa dan guru, bila banyak peminatnya artinya produk diminati. Produksi lebih banyak lagi dan inovasikan setiap periode tertentu untuk menghindari kebosanan konsumen. Harga ekonomis akan menambah minat beli karena anak sekolah pun finansialnya terbatas.

  1. Bisnis online

Pekerjaan utama Anda sebagai guru harus menjadi prioritas utama. Carilah bisnis yang tidak banyak menyita waktu tetapi perolehan labanya besar. Jalur online ialah pilihan yang menjanjikan, kegiatan tersebut bebas waktu dan tempat. Disela-sela kesibukan Anda, bebisnis ala internet ini bisa menjadi hiburan.

Tentukan produk yang hendak Anda pasarkan, pilih agen profesional. Perankan diri Anda sebagai reseller yang tidak membutuhkan modal sepeser pun. Kuncinya, giat melakukan promosi agar produk itu laku keras. Keuntungan Anda berasal dari selisih harga antara konsumen dan produsen.

  1. Membuka lapak di malam hari

Sisihkan waktu malam Anda guna berativitas yang dapat menghasilkan uang. Misalnya dengan berjualan makanan yang banyak di cari pada petang. Temukan sesuatu yang cepat habis supaya Anda tidak kelelahan keesokan harinya. Contoh mamin yang bisa Anda jajakan diantaranya susu segar dan aneka snek.

Sediakan stok terbatas, usahakan tengah malam Anda sudah berada di rumah. Istirahatkan tubuh dan pikiran Anda agar tidak mengganggu proses pembelajaran Anda. Beri variasi pada mamin dan curi perhatian banyak pasang mata. Utamakan kualitas produk dan pelayanan prima untuk meningkat jumlah pembeli.