5 Hal Penentu Kesuksesan Bisnis Kuliner

5 Hal Penentu Kesuksesan Bisnis Kuliner

TIPSWIRAUSAHA.COM – Kuliner merupakan bidang yang tepat untuk dijadikan sumber uang. Sektor makanan akan terus dicari oleh masyarakat karena memang inilah salah satu kebutuhan yang wajib terpenuhi. Pebisnis harus selalu berinovasi, mengingat persaingan ketat kompetitor yang kian sengit. Berikut 5 poin yang menentukan sukses atau tidaknya usaha kuliner Anda.

  1. Lokasi

Tempat dimana usaha Anda dibuka sangat besar pengaruhnya. Usahakan lokasinya berdekatan dengan jalan raya sehingga mudah di akses. Bila letaknya terlalu jauh dari keramaian, maka pasang pamflet sebanyak-banyaknya. Area strategis diantaranya disekitar pusat perbelanjaan, taman kota, GOR, wilayah sekolah dan perkantoran.

Biaya sewa mengikuti jaraknya dengan kota, semakin dekat maka semakin mahal. Tentu tak masalah sebab bisa Anda tutup dengan banyak pemasukan yang diperoleh. Perhitungan dengan matang sebelum menentukan titik pemasaran. Jangan sering berpindah lokasi karena bisa menurunkan minat pembeli.

  1. SDM

Sumber daya manusia yang berkualitas menjadi kunci utama keberhasilan bisnis kuliner. Pekerjakan koki berpengalaman agar masakan dan minuman yang disajikan cocok dilidah banyak orang. Uji cobakan hasil masakan langsung ke pelanggan dan mintalah penilaian mereka.

Pilih satu atau dua koki yang berhasil dinilai baik oleh konsumen. Pelayan dan karyawan lain juga dituntun profesional dalam bekerja. Sambut pembeli dengan salam dan sapaan santun, selanjutnya langsung arahkan ke meja dan beri buku menu. Hindari membuat mereka menunggu terlalu lama sebab mengakibatkan kejenuhan.

  1. Cita rasa

Sesuaikan selera masyarakat setempat dengan cita rasa paten di menu yang Anda sajikan. Beda daerah, maka beda pula lidah yang merasakannya. Misalnya Bandung, warga disana lebih menyukai makanan segar yang tidak dimasak. Kondisi ini tidak sama dengan Padang yang gemar menggunakan banyak minyak dan ciri khas pedasnya.

Rekrut koki dari masyarakat setempat yang lebih memahami keinginan warga di daerah tersebut. Anda tidak boleh merubah bumbu suatu makanan tertentu. Jika memang ingin menghadirkan hal baru, maka berinovasilah pada variannya. Misalnya opor, ayam bisa diganti daging lain (bebek, sapi dan kambing).

  1. Cara penyajian

Tampilan makanan dapat meningkatkan nafsu makan, inilah yang membuat restoran internasional selalu ramai pengunjung. Adopsilah cara penyajiannya dan terapkan ke menu di bisnis kuliner Anda. Hias piring dengan sesuatu yang bisa dimakan, kreasikan ke bentuk paling unik dan menarik.

Cara penyajian sup yang sedang digemari masyarakat domestik ialah sup teratai. Sebenarnya tidak ada bedanya dalam hal bahan baku dan bumbu. Semua sayuran dan daging terbungkus selembar telur dadar. Kuah segar dituang saat masih panas, terlihat berbeda dan inilah yang membuat spesial.

  1. Harga

Persaingan harga tidak selamanya identik dengan murah. Anda boleh saja mematok harga mahal tetapi rasa dan pelayanan harus maksimal. Pangsa pasar Anda tentu dari kalangan menengah ke atas. Konsep restoran yang beda dari biasanya dan hadirkan suasana yang nyaman. Gazebo di tengah kolam merupakan desain yang banyak disukai. Gemericik air dan ikan-ikan membuat suasana kian natural.