Tips Menjalankan Bisnis Sembari Kuliah

Tips Menjalankan Bisnis Sembari Kuliah

Berbisnis sambil kuliah memang bukan hal yang buruk. Namun hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Berikut kami ulas tips untuk menjalankan bisnis sembari kuliah.

  1. Prioritaskan keduanya

Sebagai seorang mahasiswa kuliah menjadi tanggung jawab yang besar kepada kedua orang tua. Namun upaya untuk berbisnis juga merupakan cara untuk menyukseskan masa depan anda. Dengan kedua kegiatan yang sama-sama memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalaninya, hal yang perlu anda lakukan adalah memprioritaskan keduanya. Karena kuliah akan menghantarkan anda ke gerbang awal dalam berbisnis sedangkan belajar berbisnis sejak awal akan melatih dan memberikan pengalaman bagi anda. Sehingga berusaha untuk menyeimbangi keduanya adalah cara terbaik yang dapat anda lakukan. Hindari memprioritaskan salah satunya untuk memperlancar keduanya. Kemampuan manajemen waktu yang didapatkan di bangku perkuliahan juga akan sangat membantu untuk mengatur jadwal kuliah dan bisnis anda.

  1. Kejar Impian/Target Anda

Setiap mahasiswa pasti memiliki impian/target yang harus terwujudkan. Dengan memiliki target yang jelas anda dapat menentukan langkah anda untuk meraihnya. Anda bisa mulai menuliskan target-target anda dalam sebuah kertas lalu menempelnya ditempat yang mudah terlihat. Hal ini dilakukan agar anda termotivasi untuk mengejar target anda. Setelah anda memiliki target yang jelas, anda dapat fokus mencari jalan untuk mewujudkannya. Konsisten dengan target anda serta tetap berusaha tanpa mengenal putus asa, maka target anda akan dapat terwujud.

  1. Cari Bisnis Yang Mudah Tapi Menghasilkan

Berbisnis ketika kuliah berarti anda memiliki dua kesibukan dalam satu waktu. Hal ini tidak mudah dilakukan, maka anda harus pandai memilih bisnis yang akan anda jalani. Apabila anda berlaku ceroboh dalam memilih bisnis, bisa jadi anda akan kesulitan menjalani kesibukan anda. Salah memilih bisnis, bisa jadi akan mengganggu kuliah karena kesibukan anda dalam berbisnis. Perlu diketahui bahwa berbisnis dan bekerja adalah dua hal yang berbeda. Bekerja memiliki batasan waktu yang telah ditentukan sedangkan berbisnis anda sendiri yang menentukan waktunya. Anda bisa memilih bisnis yang dapat disesuaikan dengan jadwal kuliah agar keduanya tidak saling bertabrakan.

  1. Tetap Berada di Jalur Yang Positif

Kuliah adalah masa dimana anda memiliki kebebasan yang mutlak. Anda bisa dengan bebas memilih teman, lingkungan dan kegiatan yang akan diikuti. Berusaha untuk berada di jalur yang positif wajib anda lakukan, salah satunya dengan upaya berbisnis. Dengan berbisnis anda memiliki banyak keuntungan. Anda dapat memiliki penghasilan tambahan sehingga dapat mengurangi beban orang tua, memiliki pengalaman yang lebih tentang dunia bisnis serta dapat meminimalisasi waktu luang yang dapat menjerumuskan anda ke hal-hal negative.

  1. Jangan Menyerah

Salah satu kunci dari kesuksesan berbisnis sembari kuliah adalah jangan menyerah, baik ketika bisnis  mengalami kesulitan maupun ketika kuliah mengalami hambatan. Akan selalu ada kerikil ketika yang menghalangi tinggal bagaimana upaya anda untuk mengubah kerikil halangan menjadi sebuah kesempatan emas.