Tips Membuka Bisnis Fotocopy Dengan Modal Minim

Tips Membuka Bisnis Fotocopy Dengan Modal Minim

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis fotocopy sangat tidak pasti. Akan membutuhkan modal besar bila Anda membeli mesin fotocopy sendiri namun untuk meminilamisasi modal bisa juga dengan menyewa mesin fotocopy. Selain mesin fotocopy, banyak yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis ini agar dapat berkembang dengan pesat. Berikut beberapa tips agar bisnis fotocopy Anda berkembang

  1. Lokasi Yang Tepat

Pemilihan lokasi usaha merupakan salah satu kunci berkembangnya usaha Anda. Lokasi yang strategis `dapat memberikan keuntungan yang berlebih untuk Anda. Untuk usaha fotocopy, Anda bisa memilih tempat strategis seperti area sekolah, area kampus, maupun area perkantoran.

  1. Kualitas Fotocopy

Banyak pelaku bisnis ini yang kurang memperhatikan kualitas hasil fotocopy, sehingga konsumen menjadi kapok untuk fotocopy. Untuk menjaga pelanggan, Anda perlu menjaga kualitas fotocopy. Gunakan tinta yang baik agar hasil fotocopy jelas sehingga pelanggan puas dengan hasil fotocopy.

  1. Pelayanan Prima

Pelayanan prima terhadap pelanggan dapat menentukan keberlangsungan perkembangan usaha fotocopy Anda. Sopan santun serta sikap yang ramah akan membuat pelanggan nyaman untuk fotocopy di tempat Anda. Selain itu, hal utama dalam pelayanan bisnis fotocopy adalah kecepatan dan ketepatan dalam memfotocopy. Cermati permintaan fotocopy dari pelanggan agar tidak terjadi kesalahan pada hasil yang dapat mengecewakan pelanggan.

  1. Harga Jasa Fotocopy

Harga juga sangat menentukan keberhasilan Anda dalam nenjalankan usaha fotocopy. Memberikan harga murah akan menyenangkan pelanggan dan mengundang pelanggan lain untuk fotocopy di tempat Anda. Memberikan harga murah tidak ada salahnya untuk menarik pelanggan. Dengan harga murah dan pelanggan banyak Anda akan dapat menggandakan keuntungan menjadi lebih banyak. Namun walaupun dengan harga murah, jangan melupakan kualitas fotocopy sehingga pelanggan tetap setia dan kembali fotocopy di tempat Anda.

  1. Lengkapi Fasilitas

Melengkapi fasilitas tempat fotocopy dengan usaha yang berkaitan dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Misalnya dengan menjual alat tulis, kertas, jasa pengetikan, jilid buku, cetak foto dan lain-lain. Anda dapat juga menambah fasilitas berupa printer serta sambungan internet pada bisnis fotocopy Anda. Dengan banyaknya pilihan usaha untuk mendampingi usaha fotocopy, Anda dapat melakukannya secara bertahap agar modal awal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

  1. Jangan Lupakan Promosi

Promosi juga merupakan salah satu cara untuk memajukan usaha Anda. Salah satu caranya dengan memasang banner ukuran besar di depan tempat fotocopy Anda. Banner ini dapat dilengkapi dengan harga yang ditawarkan kepada konsumen. Anda juga dapat melakukan promosi dengan menyebarkan brosur kepada teman atau lingkungan sekitar. Bisa juga mempromosikan usaha melalui pelayanan prima dan kualitas fotocopy yang baik.