5 Jenis Bisnis Sampingan Yang Mudah Dijalankan

5 Jenis Bisnis Sampingan Yang Mudah Dijalankan

TIPSWIRAUSAHA.COM – Menjalankan bisnis tidak harus selalu full time. Ada pula bisnis yang bisa dijalankan dengan cara paruh waktu. Bisnis ini dikenal dengan istilah bisnis sampingan. Meski bisnis sampingan juga memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah. Berikut ini berbagai bisnis sampingan yang bisa anda coba untuk menjalankannya.

Jualan Pulsa

Perkembangan telepon seluler membuat prospek untuk berbisnis pulsa sangat menjanjikan. Telepon seluller saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Telepon dapat menunjang aktivitas anda dalam berbagai hal mulai dari komunikasi dengan rekan kerja, mengerjakan tugas, mencari informasi bahkan kegiatan disosial media. Tentunya untuk menunjang fungsi dari telepon pintar, dibutuhkan asupan berupa pulsa. Pulsa menjadi kunci keberlangsungan sebuah telepon pintar. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis yang besar dengan modal yang kecil asalkan anda tekun dan ulet dalam menjalani bisnis ini.

Jasa Pengetikan

Bila anda memiliki kelebihan dalam urusan mengetik, maka anda memiliki peluang untuk membuka usaha jasa pengetikan. Usaha sampingan ini lumayan mudah untuk dilaksanakan karena tidak membutuhkan modal yang besar. Anda cukup memiliki laptop atau komputer maka usaha ini dapat dijalankan. Anda bisa menarik tariff perlembar sebesar 3 ribu rupiah atau sesuai tarif yang berlaku disekitar anda. Selain jasa pengetikan, usaha sampingan sejenis adalah menjadi penulis lepas atau membuka jasa pembuatan artikel blog/website. Peluang usaha ini juga relative besar karena melihat saat ini dunia online sangat diminati dari semua kalangan.

Bisnis Online

 Usaha ini dapat dilakukan oleh semua orang karena sangat mudah. Anda hanya perlu memiliki kemampuan mengoperasikan computer dan internet. Untuk memulai bisnis online dapat dipelajari secara otodidak. Anda dapat menemukan tutorial bisnis online melalui internet. Berbagai macam bisnis dapat anda jalankan misalnya affiliate PTC PPD PPC dan yang lainnya.

Bisnis Android

Bisnis sampingan yang lebih mudah dan praktis lagi adalah dengan media smartphone. Karena smartphone berbasis android sekarang sudah menjadi barang yang tidak asing dalam keseharian maka kesempatan untuk membuka usaha melalui media ini juga cukup lebar. Anda hanya membutuhkan ketelatenan yang lebih untuk menghadapi konsumen yang menanyakan tentang produk yang dijual. Biasanya konsumen tidak mempedulikan batasan waktu untuk menanyakan produk-produk anda, disini diperlukan kesabaran yang ekstra untuk menjawab setiap pertanyaan konsumen.

Guru Les

Menjadi guru les adalah usaha sampingan yang umumnya dilakoni oleh anda yang berprofesi sebagai guru namun masih belum diangkat PNS. Selain guru, usaha sampingan ini juga dilirik oleh mahasiswa-mahasiswa untuk mencari tambahan pendapatan. Perbedaanya adalah guru les pada mahasiswa biasanya privat atau dengan sistem panggil kerumah, namun untuk anda yang berprofesi sebagai guru biasanya akan membuka tempat les dirumah.