Mengenal Sistem COD Dalam Bisnis Online

Mengenal Sistem COD Dalam Bisnis Online

TIPSWIRAUSAHA.COM – Cash On Delivery atau COD adalah sebuah istilah transaksi jual beli yang dilakukan secara langsung oleh penjual dan pembeli setelah melakukan kesepakatan melalui diskusi online. Metode COD biasanya dilakukan dengan pertemuan penjual yang diwakili oleh kurir dengan pembeli, yang kemudian dilakukan pembayaran oleh pembeli kepada kurir.

Pembayaran berupa harga produk ditambah dengan ongkos pengiriman ke tempat pembeli. Istilah COD ini menjadi trend di dunia bisnis online yang banyak akan Anda temui di situs e-commerce dan lain sebagainya. COD sendiri memiliki jangkauan antara penjual dan pembeli yang tidak jauh, biasanya dalam lingkup kota ataupun provinsi. Untuk lingkup yang lebih besar akan digunakan metode berupa transfer.

Sejumlah uang yang senilai harga produk ditambah ongkos kirim akan dikirim ke rekening penjual yang kemudian akan dilakukan pengiriman barang kepada pembeli melalui jasa kirim barang seperti kantor pos dan lainnya. COD memiliki banyak kelebihan bagi penjual dan keuntungan bagi pembeli. Dilihat dari sisi penjual, COD memiliki kelebihan berupa tingkat kepercayaan dari pembeli yang lebih besar. Pembeli akan merasa nyaman berbelanja di toko online Anda dan tidak khawatir akan mengalami penipuan terhadap barang-barang yang anda jual. Tingkat kepercayaan konsumen sangat penting dalam keberlangsungan bisnis online.

Sehingga metode COD dapat menjadi pilihan untuk diterapkan dalam bisnis online Anda. Selain tingkat kepercayaan, Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan pembeli dan mempromosikan produk lain yang dijual di toko online. Metode COD juga dapat menjamin kualitas dari produk yang anda jual bagus melalui metode ini. Apabila kualitas produk Anda terbukti bagus maka akan menambah pelanggan dari toko online.

Sedangkan bila dilihat dari sisi pembeli, metode COD ini menguntungkan karena sebagai pembeli Anda dapat melihat langsung produk yang akan dibeli. Anda akan melihat kelayakan barang dan kesesuaian harga sehingga dapat dijadikan referensi untuk berbelanja online di kemudian hari. Sebagai pembeli, dengan adanya metode COD akan menghindarkan dari resiko penipuan dari belanja online. Maraknya penipuan dibisnis ini memang meresahkan konsumen sehingga fasilitas COD adalah salah satu upaya untuk mengurangi resiko penipuan tersebut.

Dan bagi Anda yang akan memulai usaha online, metode COD dapat dijadikan senjata untuk memperkenalkan produk sekaligus menarik minat pembeli untuk berbelanja di toko online Anda. Dengan metode ini toko online Anda akan menjadi toko yang terpercaya dan dikunjungi banyak pembeli. Dengan banyaknya kunjungan dari pembeli tentunya akan meningkatkan penghasilan Anda dan memperlancar usaha. Dengan metode COD pada toko online, Anda tentunya dituntut untuk menjual produk dengan kualitas yang tidak sembarangan dan asal-asalan.