Tips Menjalankan Marketing Bisnis Franchise

Tips Menjalankan Marketing Bisnis Franchise

TIPSWIRAUSAHA.COM – Konsep pemasaran perlu disusun secara matang demi menunjang Anda meraih kesuksesan dalam pasar bisnis. Dengan konsep yang jelas akan membantu Anda mengembangkan sebuah produk. Keunggulan dalam usaha franchise dapat diraih dengan marketing sehingga kelebihan produk Anda dapat dilihat. Namun dalam bisnis ini, Anda memiliki keterbatasan untuk melakukan pemasaran karena harus melalui perijinan dari franchisor. Berikut 10 prinsip marketing yang dapat Anda lakukan

  1. Kenali Pelanggan dan Pasar

Sebagai pebisnis yang sukses Anda perlu memahami mengenai pelanggan dan pasar. Permintaan yang terjadi dipasar bisa Anda kenali untuk memilih usaha franchise. Karena permintaan produk menjadi syarat utama sebuah bisnis. kemampuan untuk mengenali kultur dan tren perlu Anda miliki untuk membantu mengenali pelanggan dan pasar.

  1. Produk dan Jasa

Dengan persaingan yang semakin ketat dan banyaknya penawaran produk sejenis maka sebuah brand merek dan kemasan menjadi hal yang penting. Anda dapat memberikan sentuhan yang unik terhadap kemasan produk agar menarik konsumen. Merek menjadi hal penting karena konsumen sangat selektif memilih merek yang beredar.

  1. Promosi

Promosikan produk Anda secara maksimal, baik melalui kampanye marketing, media public, media sosial, iklan TV, radio dan, direct mail. Banyak franchisor yang memilih PR sebagai representation dan panduan ditingkat perusahaan. Lihat target untuk produk Anda dan sesuaikan dengan media yang akan dipilih untuk memperkenalkan produk franchise.

  1. Posisikan Diri Anda Sebagai Ahli

Menjadi seorang ahli akan meningkatkan kepercayaan konsumen dengan produk Anda. Selain itu posisi sebagai ahli akan meningkatkan brand awareness pula. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menadi penulis media atau kontributor ahli.

  1. Jaga Pelanggan

Usaha yang dapat Anda lakukan untuk menjaga pelanggan adalah dengan menyediakan store promotion, loyalty program, spesial promo ataupun kupon potongan. Melibatkan pelanggan dalam acara amal atau kegiatan sponsorship juga dapat Anda lakukan untuk menjaga pelanggan.

  1. Website

Website dapat membantu Anda menambah pelanggan. Website dapat berisi tentang pilihan lokasi untuk usaha franchise Anda. Langkah ini akan membantu mendapatkan local pasar.

  1. Tambahan Informasi

Kegiatan ini penting untuk franchuse yang bergerak di bidang B2B namun kurang tepat pada franchise fastfood. Tambahan informasi ini dapat berupa brosur ataupun sales video.

  1. Database

Tujuan dari database adalah untuk menjaga konsumen Anda sehingga kemajuan usaha dapat berjalan. Database akan membantu Anda mengenali setiap konsumen.

  1. Referensi

Penyajian referensi produk Anda untuk konsumen dan meminta tertimoni dapat Anda lakukan. Hal ini dapat digunakan untuk mengukur efektivitas promosi Anda.

  1. Inovatif

Berani berinovasi sama halnya berani menjadi yang terdepan. Konsumen akan bosan bila tidak ada inovasi dari produk Anda.

Demikianlah berbagai tips bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan marketing bisnis franchase. Menjalankan bisnis franchise memang harus memiliki sistem marketing atau pemasaran agar investor tertarik untuk menjadi franchasor bisnis kita.