5 Hal Penting Ini Bisa Membuat Pelanggan Anda Puas

TIPSWIRAUSAHA.COM – Kepuasan pelanggan selalu menjadi tolok ukur dalam kualitas pelayanan sebuah bisnis. Kepuasan pelanggan adalah keadaan dimana keinginan, kebutuhan dan harapan dari konsumen dapat Anda penuhi. Ukuran kepuasan sendiri dapat dilihat dari pelayanan yang Anda berikan, efisiensi dan efektifitas. Dalam menjalankan pelayanan terhadap konsumen, ada lima unsur penting yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  1. Standarisasi Pelayanan Konsumen

Standarisasi pelayanan terhadap konsumen perlu Anda terapkan dalam bisnis apabila ingin memberikan pelayanan yang maksimal. Kegagalan yang sering terjadi dalam melayani pelanggan adalah kurangnya pengetahuan standard pelayanan.

Standarisasi pelayanan dapat Anda wujudkan dengan Standard Operating Procedures (SOP). Dengan adaya SOP dapat menjadi dalam melayani konsumen. Beberapa standard yang harus diterapkan adalah kualitas pelayanan, kebersihan, penampilan karyawan, komunikasi dengan pelanggan dan lain-lain.

  1. Service Excellence

Pemenuhan terhadap permintaan pelanggan adalah kewajiban Anda sebagai pebisnis. Banyak pelanggan akan meminta pelayanan yang ekxtra dan maksimal dari perusahaan Anda. Dan ini berarti Anda tidak dapat menolak. Perancangan panduan service excellent dapat di buat untuk menunjang keberhasilan bisnis Anda.

Dengan service excellent yang perusahaan Anda berikan, apabila terdapat sebuah kesalahan dari pihak Anda maka akan adanya kemudahan untuk bernegosiasi. Hal ini dapat meminimalisasi kekurang berhasilan dalam pelayanan pelanggan.

  1. Customer Service Trends

Mengamati trend yang sedang terjadi bukan hal yang berlebihan untuk memajukan perusahaan Anda. Beberapa trend yang kini sedang booming adalah pelayanan 24/7 yang artinya pemberian pelayanan 24 jam selama 1 minggu. Kemudian ada juga layanan tentang data costumer. Layanan ini dapat membantu costumer untuk menelusuri rekam jejaknya dalam bisnis Anda.

Dan yang terakhir tren berupa komunitas. Layanan ini menjadi permintaan dari konsumen untuk mempermudah berinteraksi dengan kosumen lain dengan keakraban dan kekeluargaan yang kental.

  1. Happy Employees = Happy Customers

Sapaan hangat dan senyum tulus dalam melayani pelanggan dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat dilihat dari kebahagiaan pelanggan.

Suasana kerja dalam perusahaan perlu Anda beri perhatian penuh agar karyawan bekerja secara maksimal. Keramahan, semangat dan sopan santun yang Anda berikan kepada para pelanggan atau klien yang datang akan membuat suasana yang hangat sebagai cermin kebahagiaan dan kepuasan.

  1. Reward Program

Apabila perusahaan Anda sudah memiliki costumer yang banyak, pemberian reward bukanlah hal yang berlebihan. Program ini dapat mengakrabkan  antara Anda dan costumer sehingga harapan dari masing-masing costumer dapat dikelola dengan baik. Dari rasa akrab ini, kemudahan Anda untuk menciptakan kepercayaan dari costumer. Selain itu, dapat memunculkan potensi dari costumer lain terhadap perusahaan Anda.

Demikianlah berbagai hal penting yang  harus anda lakukan agar pelanggan anda bisa terpuaskan. Kepuasan pelanggan merupakan kunci penting bagi kelangsungan bisnis anda di masa yang akan datang.