6 Cara Menanggapi Kritik Pedas Pelanggan Di Sosial Media

TIPSWIRAUSAHA.COM – Kemajuan dunia teknologi saat ini, memang sangat berpengaruh terhadap bisnis yang Anda jalankan. Sosial media banyak di manfaatkan untuk berbisnis online yang tak jarang menimbulkan komentar negative dari pembeli yang kurang puas dengan layanan dari Anda. Baik atau buruk komentar akan mempengaruhi citra bisnis Anda. Analisa yang mendalam perlu dilakukan untuk memilah-milah komentar yang perlu ditanggapi atau tidak.

Berikut beberapa tips untuk menanggapi kritik pedas dari pelanggan di sosial media agar citra bisnis Anda tidak tercemar.

  1. Terima pesan yang masuk

Menerima setiap pesan masuk dalam private message sosial media Anda, akan membantu untuk mencari akar permasalahan yang ada. Keluhan dan komentar yang buruk dalam akun sosial media Anda perlu diselesaikan agar tidak menjalar ke konsumen yang lain. Penanganan yang cepat dalam menyesaikan masalah dari sebuah komentar perlu Anda lakukan.

  1. Take a Screenshot

Usahakan untuk tidak hanya membaca dan membalas setiap pesan masuk yang ada. Komentar dan pesan yang masuk dapat Anda dokumentasikan sebagai arsip bisnis. Sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi dan pengembangan bisnis Anda. screenshot konten dan simpan setiap komentar yang ada.

  1. Jangan hapus komentar yang ada

Komentar baik ataupun bukur dari konsumen adalah bukti dari eksistensi bisnis Anda, Jangan menghapusnya dari kolom komentar ataupun beranda homepage sosial media Anda. Bersikap transparan kepada semua pelanggan adalah hal yang akan membuat bisnis Anda diterima. Menjaga emosi perlu Anda lakukan ketika menerima komentar yang buruk dari konsumen. tanggapan yang bernada negatif hanya akan membuat pelanggan kecewa terhadap pelayanan yang Anda berikan.

  1. Segera balas setiap komentar atau pesan yang masuk

Menunda pekerjaan adalah hal yang buruk, maka jangan menunda walaupun hanya membaca dan membalas komentar atau pesan dari pelanggan. Pelanggan yang berkomentar pasti membutuhkan jawaban Anda. Jangan sampai lebih dari 1 jam untuk menanggapi komentar pelanggan. Mintalah bantuan dari rekan Anda, bila dirasa perlu.

  1. Tetap menjaga prinsip dari bisnis kita

Standard yang telah disepakati dalam bisnis Anda perlu diberikan dan dilakukan dengan sebenar-benarnya. Walaupun hanya melayani melalui sosial media Anda tetap harus menjaga prinsip tersebut. Pelanggan berhak menilai pelayanan dari segi apapun dimanapun dan kapanpun.

  1. Berikan respon terhadap para komentator

Bersikaplah bijak dalam menanggapi semua komentar, jangan memilih komentar yang baik saja untuk di tanggapi. Karena setiap komentar berhak menerima jawaban dari Anda. Tidak ada salahnya meminta maaf kepada pelanggan melalui komentar bila di perlukan. Berikan pula solusi kepada pelanggan untuk menjaga citra pelayanan bisnis Anda tetap baik.