Peluang Usaha Online Untuk Sarjana Arsitektur

Peluang Bisnis OnlineTIPSWIRAUSAHA.COM – Ada berapa banyak sarjana arsitektur yang bisa diserap oleh dunia kerja dari tahun ke tahun?

Berapa banyak sarjana arsitektur yang akhirnya menganggur karena ketatnya persaingan, nasib yang kurang bagus, atau kurangnya koneksi?

Sangat banyak.

Dari dulu kita sering mendengar tentang banyaknya sarjana yang nganggur atau disebut juga pengangguran intelek.

Bagi mereka yang sudah diterima kerja, juga bisa muncul masalah lain. Kelompok mahasiswa arsitektur yang “independen”, banyak kegiatan dan hobi jalan-jalan tentu juga harus menerima kenyataan kalau hidup mereka telah berubah ketika memasuki dunia kerja.

Aturan kantor yang ketat untuk kepentingan perusahaan harus dituruti karena memang mereka digaji dari situ. Mereka yang bisa menyesuaikan diri dan menyatukan irama dalam dunia kerja kantoran akan berhasil. Tetapi mereka yang berjiwa petualang tidak akan betah duduk didepan komputer seharian, berangkat pagi pulang malam dan aktifitas monoton pekerja kantoran lainnya.

Ini adalah pilihan hidup. Pada akhirnya setiap orang harus menyesuaikan diri sesuai dengan masanya.

Tapi tahukah anda, betapa bahagianya para perkerja profesional yang bisa menikmati pekerjaannya karena dia melakukan apa yang dia suka?

Yah, anda yang bosan dengan aturan Pak Bos. Anda yang lelah dengan kemacetan kota besar. Juga anda yang ingin mendapatkan kebebasan dalam berkarya maka anda bisa memilih pekerjaan ini: menjadi ARSITEK di dunia maya.

Poin Penting Yang Harus Anda Tahu Tentang Arsitek di Dunia Maya

Memang seperti bisnis yang lainnya, membuka biro arsitek secara online tidaklah semudah membalik tangan. Tetapi jika anda punya niat, tantangan untuk merintis dibisnis ini lebih mudah dilalui.

Berikut ini adalah point yang harus anda ketahui dan anda persiapkan jika ingin terjun sebagai arsitek di dunia maya.

Anda harus punya keberanian dalam memulai bisnis

Modal utama bagi arstiek untuk membuka layanan desain rumah online adalah KEBERANIAN. Yah, sepertinya ini terlalu filosofis dan tidak teknis. Tetapi bagi mereka yang terbiasa menjadi karyawan, menyusun keberanian untuk berwira usaha bukanlah suatu hal yang mudah.

Tingkatkan kemampuan desain secara digital

Sebagai arsitek online, anda harus piawai dalam mendesain secara digital. Komputer yang dipegang arsitek jelas berbeda dengan komputer yang dipegang oleh pegawai administrasi atau penulis umum. Anda akan membutuhkan komputer dengan spek grafis yang memadai untuk membuat desain dan merendernya.

Manfaatkan budaya belanja online yang sudah membumi di masyarakat

Yanga namanya belanja online hampir semua orang tahu. Ini kesempatan anda untuk mempromosikan kemampuan desain rumah anda secara online.

Temukan calon pengguna jasa anda melalui keyword yang akan mereka gunakan lewat Google, group di Facebook dan forum-forum pemerhati dunia desain rumah.

Selalu bersikap professional

Tingkat keseriusan dan profesionalitas anda dalam bekerja tidak akan mengalami perbedaan sedikitpun antara bekerja secara offline maupun online. Sebagai seorang arsitek anda terikat kerjasama dengan klien yang berkaitan dengan deadline, kualitas desain,dan nilai ekonomi suatu bangunan.

Manage waktu anda sebaik mungkin

Ketika anda menjalankan profesi sebagai arsitek online, maka pengaturan waktu sepenuhnya berada di tangan anda. Anda tidak akan terikat jam kerja seperti yang dialami oleh pekerja kantoran. Anda bisa masuk kerja kapan saja dan berhenti kapan saja.

Secara teori waktu anda akan sangat fleksibel. Meskipun pada kenyataanny a anda akan sering bekerja lebih lama dan tak kenal waktu dibandingkan jam kantor. Deadline yang sudah ditentukan atau memang dedikasi anda agar bisa bekerja lebih produktif akan membuat anda selalu bekerja kapanpun.